SMKN 2 Magelang Borong Juara Lomba Akuntansi Tingkat Jateng

DARING. Lomba pemilihan siswa terbaik bidang Akuntansi tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan secara daring di kantor kesekretariatan SMKN 2 Magelang.( Foto: Dokumen SMKN2 Magelang)
DARING. Lomba pemilihan siswa terbaik bidang Akuntansi tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan secara daring di kantor kesekretariatan SMKN 2 Magelang.( Foto: Dokumen SMKN2 Magelang)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) Jawa Tengah mengadakan kegiatan lomba pemilihan siswa terbaik bidang Akuntansi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Lomba dilaksanakan secara daring mulai tanggal 3-5 Mei 2021, yang  terdiri dari babak penyisihan, semi final dan babak final. SMKN 2 Magelang terpilih sebagai kantor kesekretariatan lomba tersebut.

“Syukur alhamdulilah, melalui proses panjang yang kami jalani, mulai dari perumusan ide, persiapan, perizinan hingga pelaksanaan dapat kami jalani. Animo peserta bagus dibuktikan dengan 162 peserta yang berpartisipasi,” ungkap Cicilia Nugrahanti SPd, ketua panitia lomba tersebut.

Lomba ini mengusung tema “Prigel lan Mrantasi Tatanan Akuntansi” yang artinya terampil dan mampu mengerjakan akuntansi sesuai prinsip yang berlaku.

“MGMP AKL Jateng baru pertama mengadakan lomba secara online. Tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan. Kendala yang kami hadapi adalah sulitnya berkoordinasi di masa pandemi,” ujar Ketua MGMP Akuntansi Jawa Tengah, Baskoro Hadi SE MPd

Tujuan diadakannya kegiatan ini di antaranya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga, mengukur pencapaian kompetensi siswa baik hardskill maupun softskill, sebagai bahan perencanaan pengembangan SMK ke arah peningkatan kualitas dan relevansi tamatan kompetensi AKL dengan IDUKA serta sebagai promosi kompetensi AKL pada IDUKA terkait.

Lomba dilaksanakan secara online menggunakan media Zoom dan LMS Moodle. Zoom digunakan untuk pengawasan peserta, sedangkan LMS Moodle digunakan sebagai media untuk mengerjakan soal. Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh tim pengawas dan juri dari berbagai instansi di antaranya Sutaryo, SE MSI AkCA dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Nurdian Susilowati SPd MPd dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Iwan Supriono SPd dari SMKN 1 Banyumas. Dengan pengawasan yang ketat, para peserta lomba mengikuti kegiatan tersebut secara mandiri.

Artikel Menarik Lainnya :  SBMPTN Untidar Loloskan 1.537 dari 8.376 Pendaftar

Hasil perlombaan diumumkan secara langsung oleh dewan juri secara live menggunakan media Zoom. Dari 162 peserta diambil 6 siswa terbaik sebagai juara (5/05/21). 3 siswa yang menduduki peringkat teratas adalah Safriana Rahmawati dari SMKN 1 Banyumas sebagai juara pertama, Farikhatun Liya Asani dari SMKN2 Magelang sebagai juara kedua, dan Alayda Salsabila SMKN2 Magelang sebagai juara ketiga. Masing-masing pemenang mendapatkan piala, piagam penghargaan dan sejumlah uang tunai.

“Alhamdulillah, saya merasa senang karena dapat berpartisipasi dalam lomba akuntansi selain dapat mengukur kemampuan saya dalam bidang akuntansi, saya juga mendapat banyak pengalaman dan juga teman baru,” ujar Alayda Salsabila peserta lomba yang meraih juara ketiga dari SMK Negeri 2 Magelang.

Dirinya berharap lomba tersebut dapat membantu memotivasi siswa-siswi AKL untuk mengembangkan pengetahuan akuntansi dan menambah semangat untuk terus mengukir prestasi. (adv/tim jurnalistik skanida)