Unimma Gandeng Rohis se-Kota Magelang Peringati Nuzulul Quran

NUZULUL QURAN. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengikuti tabligh akbar peringatan Nuzulul Quran melalui kanal youtube Unimma, kemarin.( foto : wiwid arif/magelang ekspres )
NUZULUL QURAN. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengikuti tabligh akbar peringatan Nuzulul Quran melalui kanal youtube Unimma, kemarin.( foto : wiwid arif/magelang ekspres )

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Peringatan Nuzulul Quran di Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) masih digelar secara virtual, di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir ini. Unimma melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI) bekerja sama dengan rohis tingkat SMP dan SMA se-Kota Magelang melalui kanal Youtube Mimbar Unimma.

Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz yang turut pada kesempatan itu mengatakan, rohis merupakan generasi penerus syiar Islam di Indonesia. Setiap tahun, rohis mampu menunjukkan eksistensinya.

“Sebenarnya kita butuh untuk mensyiarkannya. Jadilah orang yang luwes yang ketinggian ilmunya cukup, orang yang nggak luwes ilmunya biasanya. Semakin orang luwes biasanya semakin tinggi ilmu agama seseorang,” kata dr Aziz.

Sementara itu, Rektor Unimma Dr Suliswiyadi MAg menyampaikan dukungannya dalam acara itu. Pihaknya mengapresiasi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan yang diprakarsai LP2SI. Sebab, hal itu menjadi bagian tugas pokok dan fungsi Unimma.

“Ini selaras dengan tupoksi Unimma yaitu pengabdian kepada masyarakat, sehingga bisa bekerja sama dengan siapapun dalam hal kebaikan,” terangnya.

Di masa pandemi ini, Unimma tetap menggelar Ramadan di Kampus (RDK) meski dilakukan dengan pembatasan ketat, untuk mencegah penularan Covid-19.

Wakil Rektor III, M Thohirin MAg mengatakan bahwa mengisi kegiatan keagamaan di bulan Ramadan menjadi bagian dari adab. Oleh karena itu, RDK juga merupakan bagian dari dakwah dan syiar Islam.

“Unimma yang merupakan tangan panjang dari persyarikatan yang bertugas untuk ikut dakwah amar makruf nahi munkar sehingga mengadakan RDK ini sebagai perwujudannya,” katanya.

Selain tabligh akbar, RDK juga telah menyelenggarakan kegiatan lain seperti Ramadan bersama tokoh, Ramadan goes to scholl, pengajian Nuzulul Quran, berbagi dengan dhuafa, dan beberapa kegiatan lainnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Layanan Akta Kelahiran Di Kota Magelang Masuk Nominasi Juara Nasional