Media dan DPRD Harus Bersinergi, Dion Agasi: Sesama Pejuang Demokrasi

SAMBUTAN. Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, memberikan sambutan saat bersilaturahmi dengan para wartawan dari berbagai media di Gedung B DPRD Kabupaten Purworejo, kemarin. (Foto: eko)
SAMBUTAN. Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, memberikan sambutan saat bersilaturahmi dengan para wartawan dari berbagai media di Gedung B DPRD Kabupaten Purworejo, kemarin. (Foto: eko)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Media massa sebagai pejuang demokrasi dan informasi memegang peranan penting untuk mengontrol jalannya pemerintahan agar terwujud pemerintahan yang baik atau good governance. Peran itu memiliki kesamaan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sehingga sinergitas antara media dengan wartawan harus terus dijaga.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupatren Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, saat bersilaturahmi dengan para wartawan dari berbagai media di Gedung B DPRD Kabupaten Purworejo, Kamis (6/5). Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE, serta anggota DPRD dari Fraksi Persatuan Sejahtera, KH Achmad Tawabi.

“DPRD sebagai sesama pejuang demokrasi memiliki peran yang hampir sama dengan teman-teman media. Legislatif menjadi kontrol dari ekskutif, sedangkan media menjadi kontrol dari kekuasaan, menjadi kontrol dari jalannya pemerintahan supaya terwujud good governance di Kabupaten Purworejo,” kata Dion.

Menurut Dion, sinergitas media dengan DPRD selama ini telah terjalin dengan baik. Pihaknya berharap, kondisi ini dapat selalu terjaga.

“Kami sangat berterima kasih atas kerja sama, kritik, serta masukan dari media selama ini. Harapannya, kerja sama yang terlah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan agar lebih baik,” ungkapnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo, Aris Himawan, meyampaikan apresiasinya kepada Ketua DPRD Purworejo atas sinergitas yang telah terbangun selama ini. Menurutnya, DPRD selama ini cukup baik dalam hal keterbukaan infromasi publik. Hal itu terbukti dengan adanya respons dalam setiap konfirmasi yang dibutuhkan oleh wartawan.

DRPD, lanjutnya, juga telah memberikan fasilitas berupa press room bagi wartawan sehingga lebih mudah dalam melakukan peliputan serta menjalankan tugas-tugas kewartawanan.

“Mari kita jaga susana seperti ini. Kami percaya bahwa rekan-rekan wartawan di Purworejo ini akan selalu berupaya untuk bekerja secara profesional sesuai kode etik yang berlaku,” tegas Aris.

Artikel Menarik Lainnya :  Indeks Kualitas Udara di Purworejo Lampaui Target

Silaturahmi dan ramah tamah sore itu dikemas secara sederhana tanpa adanya buka bersama untuk mengindahkan himbauan dari Kemendagri. Acara berlangsung singkat diisi dengan tausiyah oleh KH Achmad Tawabi.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menekankan pentingnya menjaga keimanan bahwa seluruh makhluk hidup di dunia, termasuk manusia, akan menemui kematian. Tidak ada harta atau hal apapun yang akan dibawa mati tau menemani manusia di akhirat kelak, kecuali amal.

Karena itu, pihaknya berpesan kepada segenap wartawan untuk dapat menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Caranya yakni dengan tidak berlebihan dalam mencintai harta atau manusia di dunia ini.

“Harta kita, istri kita, anak kita, dan semua di dunia ini tidak bisa menemani kita selamanya. Hanya amal ibdah kita yang akan bersanding dan menolong kita di akhirat nanti. Karena intu, dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di dunia ini, jangan sampai kita melupakan ibadah dan amal perbuatan,” kata KH Achmad Tawabi. (top)