Dua Kandidat Ketua KONI Kota Magelang Bersatu Cegah Kegaduhan

DINGIN. Sempat terjadi perselisihan antar kedua pendukung calon ketua KONI Kota Magelang, kini mereka sepakat untuk membawa musyawarah organisasi secara kondusif. ( foto : wiwid arif/magelang ekspres )
DINGIN. Sempat terjadi perselisihan antar kedua pendukung calon ketua KONI Kota Magelang, kini mereka sepakat untuk membawa musyawarah organisasi secara kondusif. ( foto : wiwid arif/magelang ekspres )

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Sempat bersitegang, dua kubu bakal calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang, sepakat untuk menciptakan musyawarah organisasi kota luar biasa (Musyorkotlub) KONI secara sukses, adil, bermartabat, dan kondusif.

Dua bakal calon Ketua KONI Kota Magelang periode 2021-2025 Kholid Abidin dan Ali Sungkar sepakat untuk menyukseskan Musyorkotlub yang akan digelar di Hotel Trio, 10 Mei 2021 mendatang. Mereka mengadakan pertemuan bersama para pengurus cabang (Pengcab) pendukungnya ini juga dihadiri Plt Ketua KONI Kota Magelang Subarkah, Ketua Panpel Musorkotlub Sutikno, dan Ketua Tim 9, Catur Sandi, kemarin.

Pertemuan tersebut sekaligus mematahkan persepsi KONI mengalami persitegang, pasca penetapan bakal calon ketua umum. Adanya dialog dan diskusi ini juga membuktikan jika KONI Kota Magelang masih sangat solid untuk menorehkan prestasi di bidang olahraga.

Beberapa Pengcab pendukung yang hadir antara lain Panjat Tebing, Panahan, Paralayang, Perkemi, Tarung Drajat, Selam, PBESI, PTMSI, dan Biliar.

Salah satu balon, Ali Sungkar mengaku jika pertemuan ini merupakan inisiasinya dari calon lawannya, Khalid Abidin. “Kami berdua sepakat bahwa dinamika yang berkembang belakangan membuat tidak kondusif. Karena itu kami merasa perlu mengadakan pertemua karena yang terjadi sebenarnya, kita sangat baik-baik saja,” kata Ali, yang duduk bersebelahan dengan Khalid Abidin.

Ali mengaku, kekisruhan dan gejolak yang terjadi di KONI Kota Magelang dikhawatirkan bakal mengecewakan niatan positif Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz. Oleh karena itu, ia berharap pertemuan ini dapat mendinginkan suasana.

“Padahal beliau (Walikota) telah berkomitmen akan mendukung sepenuhnya, baik dengan kebijakan dan anggaran agar olahraga di Kota Magelang dapat lebih maju dan berprestasi. Sebab, untuk mencapainya, dibutuhkan KONI yang sehat dan bermatabat,” ujarnya.

Terlebih dengan Khalid Abidin, kata Ali, tidak ada masalah. Meski memang sempat terjadi perselisihan antarpendukungnya.

“Tapi kalau hubungan kami berdua baik-baik saja. Kita ini banyak kesamaan, sama-sama dari Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) yang menjunjung nilai-nilai tinggi persaudaraan dan berjiwa bushido,” tuturnya.

Dia berharap, kepada para pengcab pendukung untuk menghargai prinsip persaudaraan dirinya. Mereka berdua sepakat untuk tetap menjaga kondusivitas dan saling menghormati.

“Para pihak juga sepakat untuk ke depannya dapat berkomunikasi dengan santun dan fokus bersama untuk menyukseskan musorkotlub,” katanya.

Seperti diberitakan, KONI Kota Magelang menggelar rapat koordinasi pada 2 Mei 2021 lalu. Rapat tersebut dihadiri sejumlah tokoh berkepentingan seperti Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Machbub Yani Arfian, Plt Ketua KONI Subarkah, Panitia Pelaksana, Tim 9, dan seluruh cabor yang menghasilkan kesepakatan bersama.

Khalid Abidin menambahkan, kepala daerah meminta agar suasana dinamika jelang pemilihan jabatan ketua umum, tetap berjalan secara kondusif dan tenang. Hal tersebut menjadi upaya KONI untuk menyelenggarakan pesta demokrasi dan menjunjung tinggi asas sportivitas.

Sementara itu, Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz meminta kepada kedua balon untuk sama-sama, memiliki semangat yang sama membangun KONI. Dengan kondisi KONI yang semakin unggul, maka akan seiring sejalan dengan peningkatan kemajuan olahraga.

“Menuju sukes di kompetisi olahraga, yang pertama dilakukan adalah pembenahan organisasi terlebh dahulu. Saya harap kedua balon bisa bersama membangun KONI ke depan, menuju sukses prestasi di Porprov dan ajang olahraga lainnya,” katanya. (wid)