KPU Kota Magelang Sosialisasikan Pemilih Pemula di SMKN 3 Magelang

MENGAJAR. Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron sedang mengajar di kelas X Boga 3 di ruang B.3.5 SMKN 3 Magelang
MENGAJAR. Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron sedang mengajar di kelas X Boga 3 di ruang B.3.5 SMKN 3 Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Dalam rangka upaya peningkatan partisipasi dan literasi politik untuk pemilih pemula dalam penyelenggaraan pemilihan umum/ pemilihan kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melaksanakan pendidikan pemilih pemula di SMK Negeri 3 Magelang mulai Senin 26 April – 7 Mei 2021 di sekolah setempat.

Sutji Sadarini SPd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi untuk pemilih pemula oleh KPU Kota Magelang pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara massal di aula sekolah setempat. “ Pada tahun ini narasumber dari KPU dilibatkan dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan mengajar peserta didik kelas X ,” ujarnya.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron mengatakan, kehadiran pemilih yang cerdas menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas pemilu dan demokrasi di Kota Magelang. Maka, pihaknya hadir dengan program KPU Kota Magelang Mengajar dengan tema “Anak Muda Cerdas Berdemokrasi”.

“ Narasumber pada kegiatan ini seluruh jajaran komisioner KPU Kota Magelang, di dampingi sekretaris dan kasubbag yang dijadwalkan secara bergiliran. Dalam satu hari, narasumber dapat menyampaikan materi untuk dua sampai tiga kelas,“ katanya.

Materi yang disajikan narasumber mengenai demokrasi, pengertian, tujuan dan pentingnya pemilu/pemilihan, pemilu yang berkualitas, kiat-kiat menjadi pemilih cerdas serta syarat-syarat untuk menjadi pemilih.

Dra Yuli Ariyani selaku guru PPKn menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat positif karena dengan pengarahan KPU yang lebih dini kepada peserta didik kelas X diharapkan tiga tahun ke depan yaitu tahun 2024 mereka sebagai pemilih pemula bisa menggunakan hak politik untuk memilih pemimpin bangsa yang cerdas sesuai hati nurani mereka dan tidak mudah terpengaruh hal-hal yang tidak baik sehingga pemimpin yang terpilih pun cerdas dan berkualitas.

Artikel Menarik Lainnya :  Kunjungin Toko Mas Mustika Magelang, Ivan Gunawan Ajak Masyarakat Investasi Emas

“Saya bisa mengetahui tata cara memilih dengan benar dan menjadi pemilih yang cerdas,” kata Amanda Wuri Safitri dari kelas X Boga.

Ia menyatakan bahwa narasumber menyampaikan materinya dengan tanya jawab. “Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan souvenir,” tambahnya. (adv/tim jurnalistik skaniga : Umi Khayah R)