SMKN 2 Magelang Ditunjuk Sebagai Tempat UTBK

UTBK. Peserta sedang mengikuti UTBK di laboratorium SMK Negeri 2 Magelang. (Foto : dokumen smkn2 magelang)
UTBK. Peserta sedang mengikuti UTBK di laboratorium SMK Negeri 2 Magelang. (Foto : dokumen smkn2 magelang)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) bekerjasama dengan Universitas Negeri Tidar (UNTIDAR) Magelang menggandeng beberapa sekolah, di antaranya SMKN 2 Magelang mengadakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di ruang laboratorium sekolah setempat.

Kegiatan diadakan selama dua gelombang (12-18 April 2021) gelombang 1 berlanjut (26-30 April 2021) gelombang 2.

“Terimakasih untuk kepercayaan yang diberikan LTMPT melalui UNTIDAR di kegiatan UTBK tahun 2021. Alhamdulillah berjalan lancar, aman, dan tidak ditemukan peserta yang mengalami tanda-tanda Covid-19. Peserta dan panitia alhamdulillah sehat,” ujar Mila Yustiana SPd MMPar selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Magelang.

Teknis pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi UTBK melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh siswa kelas XII. Selanjutnya diadakan pelatihan pada teknisi UTBK dari sekolah penyelenggara berlanjut pembentukan panitia.

Panitia UTBK terdiri dari beberapa bagian di antaranya penanggungjawab, wakil penanggungjawab, pengawas, admin server, petugas IT ruang, petugas administrasi, juru bayar, petugas kesehatan, petugas keamanan, tenaga parkir, petugas keamanan sekolah, serta petugas sterilisasi ruang laboratorium.

“Sekolah yang ditunjuk sebagai tempat diselenggaakannya UTBK minimum memiliki PC dengan spesifikasi core i3. SMKN 2 Magelang memenuhi kriteria tersebut ditambah lagi memiliki banyak ruang laboratorium,” ujar Heru Susilo, selaku admin server UTBK dari sekolah setempat.

Peserta UTKB hadir 1 jam sebelum tes dimulai. Sebelum masuk, mereka melakukan cek suhu sesuai protokol kesehatan, kemudian pemeriksaan kelengkapan tes. Tes dimulai pukul 07.00 WIB untuk sesi-1 berlanjut pukul 11.00 WIB untuk sesi-2. Pada kegiatan tersebut peserta dilarang membawa alat elektronik pribadi ke dalam ruang tes.

“Kami mengerjakan tes di SMKN 2 dengan lancar, karena ruangan enak dan nyaman,” ujar Ahmad Haqi salah satu peserta UTBK dengan antusias.

Selama pelaksanaan UTBK baik panitia maupun peserta mematuhi protokol kesehatan yang ketat, mulai dari cek suhu, mencuci tangan, menggunakan masker, menggunakan hand gloves dan membawa handsanitizer.

“Pelaksanaan UTBK di SMK Negeri 2 Magelang berjalan dengan baik aman lancar dan semua komponen mematuhi SOP serta prokes yang telah ditetapkan,” Wakil kepala sekolah, Supriyadi SPd menegaskan.

Ahmad Khothibul Umam AMd, panitia UTBK dari UNTIDAR menilai pelaksanaan UTBK di SMKN 2 Magelang berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala dan sesuai dengan harapan.

Pada akhir pelaksanaan UTBK Mila Yustiana SPd MMPar berharap, semoga para peserta UTBK dapat diterima di PTN sesuai pilihannya. (adv/risma/jurnalis skanida)