Tiga Kios Pasar Desa Kaponan Terbakar, Pedagang Rugi Rp 100 Jutaan

KEBAKARAN. Proses pemadaman api yang membakar Pasar Kaponan Pakis Magelang. Dugaan awal api berasal dari konsleting listrik.
KEBAKARAN. Proses pemadaman api yang membakar Pasar Kaponan Pakis Magelang. Dugaan awal api berasal dari konsleting listrik.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Konsleting diduga menjadi penyebab kebakaran Pasar Desa Kaponan, di Desa Kaponan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Kebakaran yang terjadi pasa Senin (3/5/2021) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari tersebut, api membakar tiga kios di pasar desa tersebut.

“Kami melakukan pemadaman dengan obyek tiga kios pasar, satu kios pakaian dan dua kios snack.

Dugaan awal konsleting listrik dan kerugian ditaksir lebih kurang 100 juta Rupiah,” ucap Anggota Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah.

Adapun kronologi kejadian, dugaan awal terjadi konsleting listrik di dalam kios snack mengakibatkan kios snack terbakar dan menyambar ke kios pakaian yang berada di sebelahnya kemudian saksi melapor ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang.

Tindakan yang diambil Petugas Damkar, setelah mendapat laporan dari Saksi, Regu Piket Damkar Kab. Magelang langsung berangkat ke lokasi dengan mengirimkan empat Unit Mobil Pompa, dua Tangki Suplay, Unit Rescue serta Ambulance dan dengan cepat api dapat di pangkas, di isolasi dan di padamkan dengan aman dan selamat.

“Laporan masuk pukul 02.44 WIB, kemudian

Tim berangkat kelokasi 02.46 WIB. Sampai Lokasi 02.55 WIB dan selesai penanganan 04.33 WIB,” terang Yoga.

Adapun Instansi dab Unsur terlibat dalam proses pemadaman, Damkar Kabupaten Magelang, Polsek Pakis, Koramil Pakis, Relawan dan warga.

“Bagi masyarakat Kabupaten Magelang bila terjadi keadaan darurat, silahkan hubungi kami di nomor Call Center 112 Kabupaten Magelang atau telepon Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang maupun Pos WMK Terdekat dari tempat tinggal.

Petugas kami akan selalu siap 24 jam memberikan pelayanan terbaik kepada warga Kabupaten Magelang,” tandas Yoga.(cha).