Buruh Wonosobo Pilih Aksi Sosial Ketimbang Demo

MAY DAY. Buruh di Kabupaten Wonosobo tidak turun ke jalan gelar unjuk rasa. Mereka memilih memperbanyak kegiatan sosial dan jalin kebersamaan diantara buruh.
MAY DAY. Buruh di Kabupaten Wonosobo tidak turun ke jalan gelar unjuk rasa. Mereka memilih memperbanyak kegiatan sosial dan jalin kebersamaan diantara buruh.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Setiap 1 Mei, ribuan buruh memperingati May Day atau Hari Buruh Sedunia. Namun di era pandemi covid-19 tahun 2021, buruh di Kabupaten Wonosobo tidak turun ke jalan gelar unjuk rasa. Mereka memilih memperbanyak kegiatan sosial dan jalin kebersamaan diantara buruh.

“Selamat Hari Buruh Sedunia, kami senantiasa mendukung perjuangan buruh dalam menuntut hak-haknya,” ungkap Ketua Komisi D DPRD Wonosobo, Ahmad Faizun.

Menurutnya, Komisi D DPRD Wonosobo bidang ketenagakerjaan dan kesejahteraan rakyat terus mengawal dan mendorong eksekutif menerbitkan kebijakan yang pro kepada buruh, sebab mereka merupakan salah satu pilar kekuatan bangsa.

Dalam kondisi pandemi covid 19, pihaknya berharap buruh tetap menjaga semangat dengan tetap merayakan peringatan May Day dengan berbagai kegiatan yang positif. Kegiatan yang bisa mendukung dan memberikan motivasi antara yang satu dengan yang lain.

“Pandemi covid ini berdampak besar pada sektor perburuhan kita. Peringatan buruh tetap dirayakan, tapi dengan semangat membangun bersama,” ucapnya.

Optimisme dalam menghadapi era pandemi ini perlu terus dibangkitkan, kreativitas dan inovasi juga harus terus dikembangkan. Hal itu sebagai modal untuk membangun bersama Wonosobo agar lebih maju dan berdaya saing serta sejahtera.

“Harus tetap optimis, produktif dan kreatif, untuk maju bersama,” katanya.

Komisi D juga mengapresiasi sikap aliansi pekerja Wonosobo yang tidak menggelar aksi unjuk rasa turun ke jalan pada momentum May Day tahun 2021 dengan alasan masih suasana pandemi covid 19.

“Kami apresiasi sikap aliansi pekerja atau buruh di Wonosobo yang tidak gelar aksi, dengan alasan masih pandemi covid 19,” ujarnya.

Namun, meski tidak turun ke jalan sejumlah kegiatan untuk menyemarakan kegiatan May Day secara terbatas dan menggunakan protokol kesehatan tetap dilakukan. Diantaranya kegiatan futsal kapolres cup antar para pekerja, buka bersama, pemberian santunan dan beberapa kegiatan positif lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Salurkan Bansos, Kodim 0707/Wonosobo Bagikan 20 Ton Beras

“Ini kesadaran yang baik di tingkat daerah, aliansi buruh gelar acara lain yang tetap produktif dalam memperingati May Day,” pungkasnya. (gus)