Presiden Janjikan Rumah Bagi Keluarga Prajurit Nanggala-402

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bersilaturahmi dengan anggota keluarga prajurit KRI Nanggala-402 di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/4).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bersilaturahmi dengan anggota keluarga prajurit KRI Nanggala-402 di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/4).

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Keluarga prajurit yang gugur saat KRI Nanggala-402 tenggelam di perairan utara Pulau Bali akan dibangunkan rumah. Keluarga diberi kebebasan untuk memilih lokasinya.

Hal tersebut diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bersilaturahmi dengan anggota keluarga prajurit KRI Nanggala-402 di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/4).

“Kemudian juga dari kami, nanti ibu-ibu sekalian akan juga dibangunkan rumah yang tempatnya akan nanti mengikuti ibu-ibu semuanya,” kata Jokowi.

Terkait lokasi rumah, Jokowi menyerahkan kepada keluarga prajurit Nanggala-402. Lokasi rumah akan dibangun sesuai keinginan keluarga prajurit.

“Terserah, bisa di Gresik, bisa di Sidoarjo atau di tempat lain,” lanjut Jokowi.

Jokowi pun menginstruksi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk mengatur dan mengkoordinasikan rencana pembangunan rumah agar segera terlaksana.

“Mekanisme ini nanti KSAL, Panglima TNI bisa mengaturnya, segera mungkin sehingga bisa segera laksanakan,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi kembali menekankan pemerintah akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat kepada 53 prajurit yang gugur. Pemerintah juga akan menjamin pendidikan para putra dan putri prajurit hingga jenjang perguruan tinggi.

“Pemerintah akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat atas pengorbanan beliau-beliau kepada negara, dan juga kemarin sudah kita sampaikan untuk putra putri dari ibu sekalian akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Jokowi kembali menyampaikan rasa duka cita yang mendalam dari rakyat Indonesia atas gugurnya 53 patriot Hiu Kencana itu.

“Atas nama negara, atas nama pemerintah, atas nama rakyat, saya menyampaikan berduka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala-402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi-nya diberikan tempat terbaik diampuni dosa-dosanya,” ujarnya.(gw/fin)