Jaga Prokes,Satpol PP “Pelototi” Pengunjung Pusat Perbelanjaan

PERBELANJAAN. Antisipasi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan menjelang hari raya Idul Fitri, Satpol PP Wonosobo sambangi pusat perbelanjaan.
PERBELANJAAN. Antisipasi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan menjelang hari raya Idul Fitri, Satpol PP Wonosobo sambangi pusat perbelanjaan.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Untuk mengantisipasi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) menjelang hari raya Idul Fitri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo menyambangi pusat perbelanjaan.

“Sasaran kegiatan kami kali ini adalah tokoh serta pusat perbelanjaan yang ada di wilayah kota Wonosobo,” ungkap  Kabid Trantibum Dinas Satpol PP Hermawan Animoro ketika ditemui di lokasi, kemarin.

Menurutnya, Satpol menyasar toko serta pusat perbelanjaan yang biasanya ramai pengunjung pada saat menjelang lebaran,penerapan protokol yang dicek antara lain penggunaan alat cek suhu tubuh, fasilitas cuci tangan, penggunaan masker oleh pengunjung dan karyawan, dan pengaturan jaga jarak antar pengunjung.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Satpol PP mendatangi 53 toko dan masih menjumpai toko-toko yang belum menerapkan protokol kesehatan dengan benar, dari sekitar 53 toko dan pusat perbelanjaan,  sebagian besar sudah menerapkan protokol kesehatan dengan benar, namun masih terdapat 11 toko yang masih belum menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

“Sebagian besar toko atau pusat perbelanjaan sudah terapkan protokol kesehatan, namun masih ada 11 toko yang belum terapkan,” imbuhnya.

Kepada toko yang masih belum menerapkan protokol kesehatan dengan benar kemudian diminta untuk menyempurnakan penerapan protokol kesehatan sesuai peraturan yang berlaku.

“Kepada toko yang melanggar kami hanya memberikan pembinaan secara lisan agar segera melengkapi protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang ada,” tambahnya.

Disamping pusat perbelanjaan, tim juga melaksanakan pemeriksaan protkes di pusat permainan anak yang biasanya ramai pada saat liburan setelah Idul Fitri.

“Selain pusat perbelanjaan, kami juga memeriksa protkes di pusat permainan anak, karena merupakan tempat yang sangat rentan terhadap penularan Virus Covid-19,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah penyebaran virus covid-19 pada saat libur panjang dalam rangka Idul Fitri mendatang. Monitoring penerapan protkes secara periodik, sebagai salah satu upaya untuk melindungi warga masyarakat Wonosobo, agar terhindar dari penyebaran virus covid-19 yang masif pada saat hari libur Lebaran mendatang. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Berikan Informasi yang Benar, agar Rakyat Patuh PPKM