MAYOR Laut Eko Firmanto Awak KRI Nanggala 402 Alumni SMA Negeri 1 Tegal

MENUNJUKAN - Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Mulyati dan Guru Senior Surono menunjukan ijazah Mayor Laut Eko Firmanto di SMA Negeri 1 Kota Tegal, Senin (26/4).(Meiwan Dani Ristanto/RADAR TEGAL)
MENUNJUKAN - Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Mulyati dan Guru Senior Surono menunjukan ijazah Mayor Laut Eko Firmanto di SMA Negeri 1 Kota Tegal, Senin (26/4).(Meiwan Dani Ristanto/RADAR TEGAL)

Mayor Laut Eko Firmanto Dikenal Sopan dan Aktifis IRMUBI

MAGELANGEKSPRES.COM, TEGAL – MAYOR Laut Eko Firmanto yang gugur dalam tugas di Kapal Selam Nanggala 402 merupakan Alumni SMA Negeri 1 Tegal, Kota Tegal, angkatan 2004. Dia dikenal oleh guru dan teman temanya sebagai pribadi yang sopan serta mudah bergaul. Karena dia aktif dalam organisasi keagamaan Ikatan Remaja Mushala Baitul Ilmi (IRMUBI) SMA Negeri 1 Tegal.

Salah satu Guru Senior Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Tegal Surono mengatakan Mayor Laut Eko Firmanto orangnya sopan dan aktif di kegiatan keagamaan Islam IRMUBI. Orangnya tinggi dan tegap, dia suka bergaul dan aktif. Setelah mengetahui tenggelamnya Kapal Selam Nanggala 402 yang di dalam ada Mayor Laut Eko Firmanto secara pribadi mengirimkan Al Fatekah.

“Karena dia pernah menjadi murid saya, kami masih ingat sosok Eko Firmanto yang juga dikenal pendiam tersebut,” ujar Surono.

Ketua IKASMA Tafakurrozak ketika dihubungi melalui sambungan telpon menyampaikan duka dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya Mayor Laut Eko Firmanto dalam tugas. Ikasma percaya bahwa Mayor Laut Eko Firmanto mati syahid. Beliau juga kebanggaan SMA Negeri 1 Tegal dan mengharumkan sekolah.

“Kami semua sedih dan bangga, beliau telah menjaga lautan Indonesia sampai akhir,” kata Tafakurrozak.

Mayor Laut Eko Firmanto merupakan satu satunya angkatan 2004 SMA Negeri 1 Tegal yang lolos Akademi Angkatan Laut. Dengan itu merupakan kebanggaan satu angkatan. Meskipun sudah 12 tahun, tetapi beliau mampu membuat harum sekolah.

“Bahkan IKASMA juga merasa bangga, karena kontribusi yang besar menjaga lautan Indonesia,” ujar Tafakurrozak.

Sementara itu, Lanal Tegal mengelar salat ghoib dan doa bersama selama tujuh hari berturut-turut untuk Nanggala 402. Kapal Selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali, membuat duka yang cukup mendalam utamanya bagi prajurit TNI AL.

Artikel Menarik Lainnya :  Komunitas Penggemar Mobil Hyundai Atoz Lepas Anak Penyu Ke Pantai Goa Cemara

Dan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Ridwan Azis mengatakan salat ghoib digelar untuk mendoakan prajurit yang berada di dalam Kapal Selam KRI Naggala 402. Selain itu, juga digelar doa bersama selepas dzuhur. Dan menggelar doa bersama selama 7 hari berturut-turut bagi para awak Nanggala 402.

“Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengabarkan bendera setengah tiang di Mako, rumah-rumah dinas TNI AL. Itu sebagai wujud duka cita yang mendalam,” ujar Ridwan. (mei/wan)