Tidak Semua Siswa SMP Ikuti US Daring di Sekolah

Tidak Semua Siswa SMP Ikuti US Daring di Sekolah

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG UTARA- Sesuai dengan surat edaran Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) maka di SMP Kota Magelang sepakat tetap melaksanakan Ujian Sekolah (US) selama 6 hari dari 19 sampai 24 April 2021. Oleh karena 2 minggu sudah melaksanakan uji coba tatap muka dan berjalan lancar dan aman maka dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang memberikan izin untuk melaksanakan Ujian Sekolah secara daring di sekolah. Namun demikian tetap mengacu pada SKB 4 Menteri, yakni siswa bisa ke sekolah harus tetap ada izin dari orang tua/ wali murid. “Di SMP Negeri 1 Magelang peserta US ada 238. Tidak semua melaksanakan US di sekolah karena sesuai dengan peraturan dari Provinsi. Jadi ada yang di sekolah ada yang secara daring lewat zoom. Hari ini alhamdulillah lancar untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Untuk hadir di sekolah kehadiran dan kepulangan siswa diatur oleh sekolah dan sesuai protokol kesehatan,” tutur Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang, Nurwiyono saat dikonfirmasi kemarin (19/4).
Sementara pelaksanaan US di SMP Negeri 11 Kota Magelang menyiagakan PMR. Agung Bayu Cahyono, koordinator bidang kesehatan tim tangguh Covid-19 SMP 11 Magelang mengatakan kegiatan ujian kali ini beda dengan sebelumnya, kalau dulu daring (dalam jaringan/menggunakan gadget) dari rumah akan tetapi kali ini dilaksanakan secara daring tetapi siswa mengerjakan dengan datang ke sekolah.
Agung mengungkapkan karena pengerjaan soal ujian dilaksanakan secara tatap muka maka kami melibatkan 9 anggota PMR yang kami siagakan selama selama 6 hari mulai 19 April 2021 sampai 24 April 2021. “Adapun tugas PMR kali ini melakukan pemeriksaan dan pencatatan suhu bagi peserta ujian sekolah. Setelah dicek suhunya, dicatat, cuci tangan dan peserta memasuki ruangan yang sudah disediakan,”terangnya.
Disebutkan, sesuai arahan dari kepala puskesmas Magelang Utara juga sediakan ruang UKS dan isolasi terbuka, masker cadangan dan termo gun kondisi prima. “Hal ini dilakukan sebagai salah satu SOP dan kenyamanan bersama,”tambahnya
Jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti ujian ada 179 orang. Setiap ruangan dibatasi 15 peserta ujian. Selain itu selama pelaksanaan kegiatan ini juga dipantau dari Disdikbud Kota Magelang, Polsek, Koramil, puskesmas dan pihak terkait. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Cegah Penularan Covid-19, Cafe Ini Terapkan Barcode Setiap Pengunjung