i-Magelang, Solusi Baca Buku dengan Mudah

i-MAGELANG. Aplikasi i-Magelang yang disediakan Disperpusip Kota Magelang menjadi idaman baru di tengah pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat karena pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir meski sudah setahun lebih terjadi.

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG TENGAH – Aplikasi i-Magelang menjadi sangat bermanfaat di tengah pandemi Covid-19 yang memaksakan masyarakat untuk membatasi mobilitas. Apalagi kini, i-Magelang telah diperkaya lebih dari 4.420 e-book yang dapat dibaca masyarakat lewat aplikasi secara digital.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang Isa Ashari menjelaskan, aplikasi perpustakaan ini berbasis media sosial, yang dilengkapi dengan e-Reader untuk membaca buku-buku dalam format elektronik atau e-Book.

”Dengan fitur-fitur media sosial, pemustaka dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya,” kata Isa, kepada wartawan, Senin (19/4).

Isa menjelaskan, para pemustaka, bisa memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca, juga menyampaikan ulasan atas buku tersebut. Selain e-Reader, fitur-fitur unggulan lain antara lain koleksi buku virtual, e-Pustaka, feed, dan rak buku virtual.

Baca Juga
Sat Binmas Ajak Pengemudi Ojol Tertib Berlalu-lintas dengan Prokes

”Aplikasi iMagelang memungkinkan pemustaka membaca bahan-bahan bacaan koleksi Perpustakaan Kota Magelang, baik secara online maupun offline selama 24 jam,” imbuhnya.

Menurutnya, aplikasi yang diluncurkan sejak 2017 itu memiliki bobot hanya 15 megabytes, hingga saat ini telah diunduh lebih dari seribu kali melalui Google Play Store. Dari 4.420 e-book itu terdiri dari 2.110 judul buku berbagai keilmuan.

”Melalui i-Magelang harapannya kita bisa menyelaraskan minat baca dengan perubahan perilaku masyarakat dalam membaca buku, dari media konvensional ke media digital,” ungkap Isa.

Di sisi lain, inovasi ini juga memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan bacaan bermutu dan sarat ilmu pengetahuan, yang mudah diakses tanpa terbatasi oleh ruang dan waktu. (wid)