Aroma Kecurangan Pilkadus Ploso Lor Dilaporkan ke Dewan

Foto: Balaidesa Tegalrejo Kecamatan Banyuurip

MAGELANGEKSPRES.PURWOREJO – Salah satu peserta Pemilihan Kepala Dusun (Pilkadus) di Dusun Ploso Lor Desa Tegalrejo Kecamatan Banyuurip, Sudibyo (39) mencium aroma kecurangan dalam pelaksanaan Pilkadus Ploso Lor yang digelar baru-baru ini. Sudibyo yang merasa dicurangi kemudian melaporkan kejadian tersebut ke DPRD meskipun sampai sekarang belum ada jawaban.

“Saya meyakini adanya kecurangan tersebut terutama dalam seleksi tes tertulis. Pasalnya dari materi tes yang lain seperti pidato maupun nilai pengabdian saya mendapatkan nilai tertinggi dibanding 2 peserta lainnya,” katanya, Minggu (18/4).

Lebih lanjut dikatakannya, kecurangan tersebut tercium kuat usai pelaksanaan tes tertulis yang mana koreksi hasil tes tersebut dilakukan di dalam ruangan kepala desa yang di dalamnya ada tim seleksi sendiri, tim monitoring dari pihak kecamatan.

“Saya dikalahkan di tes tertulis. Tidak ada transparansi salah saya di mana tiba-tiba saya mendapatkan nilai 38. Padahal kalau melihat bobot soal, saya yakin nilainya lebih dari angka tersebut,” kata mantan ketua karangtaruna desa tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalrejo Budi Prakoso saat dimintai konfirmasi membantah tudingan tersebut. Ia menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkadus Ploso Lor telah sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari kabupaten.

“Secara legal dan formal bisa dibuktikan karena seluruh tahapan proses ini didokumentasikan dengan baik oleh penyelenggara. Jadi tudingan ada kecurangan atau permainan itu tidak berdasar,” katanya.

Dikatakannya, proses seleksi Pilkadus tersebut dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Bahkan selama proses seleksi berlangsung, dari kecamatan ada tim pengawas dan monitoring.

“Jika ada kecurangan atau kesalahan prosedur, pasti sudah ditegur dari kecamatan,” katanya.

Ia menjelaskan, masalah ini sebenarnya sudah akan dimediasi oleh Bu Camat agar dapat diselesaikan di bawah. “Saat diundang mediasi yang bersangkutan tidak mau datang, malah membawanya ke dewan. Ya silakan saja, kami prinsipnya siap-siap saja karena seluruh pelaksanaannya sudah sesuai juknisnya,” ujarnya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Pasang EWS, Debit Air Sungai Jali dan Sungai Dulang Bisa Dideteksi