Jembatan Kali Prupuk Ambrol

JEMBATAN. Didera hujan deras selama lebih dari dua jam, jembatan penghubung antar Kelurahan Kalibeber dengan Desa Krasak Kecamatan Mojotengah ambrol.

MAGELANGEKSPRES.WONOSOBO– Didera hujan deras selama lebih dari dua  jam, jembatan penghubung antar Kelurahan Kalibeber dengan Desa Krasak Kecamatan Mojotengah  ambrol,  kemarin.  Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun akses sosial dan ekonomi menjadi terganggu.

“Memang benar, jembatan kali prupuk kalibeber ambrol, tidak kuat menahan terjangan  air serta terpaan hujan deras pada pukul 11.45 WIB, selain itu jembatan memang sudah cukup tua dan mengalami pelapukan,” ungkap Kepala BPBD Wonosobo Zulfa Ahsan Alim Kurniawan, kemarin

Menurutnya, tim BPBD sudah melakukan pantuan langsung ke lokasi, jembatan ambruk pada jumat sore saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut, selain karena adanya penggerusan di sekitar jembatan, ambruknya jembatan tersebut juga dipicu kondisi jembatan yang sudah lapuk.

“Kemungkinan ambrolnya karena lapuk, kemudian juga ada tekanan dari banjir di sungai karena hujan , kita sudah koordinasi dengan pihak desa, pemerintah kecamatan dan DPU PR Wonosobo untuk penanganan lebih lanjut,” tandasnya

Sementara itu, dari hasil assesment menyebutkan bahwa jembatan kali prupuk kalibeber yang ada di dusun jambean itu  memiliki panjang 20 meter , keruntuhan jembatan panjang  15 meter  Lebar 4  Meter , Ketinggian jembatan sampai dasar air 6 Meter.

“Jembatan Kali Prupuk Jambean Kalibeber  menjadi  jalur alternatif penghubung desa krasak dan kelurahan kalibeber mojotengah, selain akses sejumlah warga yang terganggu, saluran air milik warga juga terputus,” katanya.

Jembatan Kali Prupuk runtuh, salah satunya  karena faktor usia jembatan yang sudah cukup tua dengan konstruksi yang belum kuat serta akibat hujan deras sejak hari jumat Sore hingga malam.

“Tim gabungan posko bencana alam sudah memasang tanda di pintu masuk ke arah jembatan, agar warga atau pengguna jalan untuk sementara menggunakan jalur lain,” ucapnya . (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Jalan Menuju Wisata Dieng Harus Dilebarkan