Perpanjangan SIM Bisa Online

SIM ONLINE. Polres Wonosobo mengikuti launching SIM Online Nasional Presisi di Ruang Vicon Mapolres Wonosobo.

MAGELANGEKSPRES.WONOSOBO– Polres Wonosobo mengikuti Vicon Launching SIM Online Nasional Presisi. SIM online untuk proses perpanjangan maupun pembuatan baru SIM (Surat Izin Mengemudi). Mengurus SIM secara online bisa dilakukan melalui aplikasi SINAR atau SIM Presisi Nasional.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo, Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi. Turur hadir juga Kajari Wonosobo, Ketua Pengadilan Negeri, dan jajaran Kabag serta Kasat Polres Wonosobo.

Kapolres menjelaskan, pemohon yang akan membuat SIM A dan SIM C bisa mengunduh aplikasi digital bernama SINAR (SIM Presisi Nasional) melalui play store di telepon seluler. Melalui aplikasi SINAR, pemohon perpanjangan SIM A dan C tidak perlu lagi harus ke kantor Satlantas .

“Aplikasi ini baru, yang berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori SIM secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes,” katanya.

Baca Juga
Siap Gelar PTM, Lima Sekolah Dipantau Bupati

Menurutnya, khusus perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, pemohon tidak perlu hadir ke Satlantas, namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke kantor untuk melaksanakan ujian praktik. Pemohon juga harus lolos saat pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi SINAR. Untuk diketahui semua golongan SIM bisa menggunakan aplikasi SIM online itu.

“Untuk SIM baru yang memenuhi persyaratan pada registrasi SIM online, selanjutnya wajib datang ke kantor melaksanakan ujian praktik,” ucapnya.

Korlantas Polri membuat aplikasi SINAR, tujuannya mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan sim online acara ini akan dilaunching secara live, pelayanan publik berbasis IT.

Kegiatan tersebut perwujudan Program 100 Hari Kapolri yang diberi nama Presisi, terkait pelayanan Polri membuktikan pelayanan SIM dapat melalui online. Ke depan pembuatan SIM baru akan dilaksanakan dengan aplikasi dan secara online. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Diduga Depresi, Perempuan Muda Akhiri Hidupnya di Sungai Galuh