Ibu Hamil Rentan Terkena Covid-19

Ibu Hamil Rentan Terkena Covid-19

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG SELATAN-Balkesmas wilayah Magelang memberikan edukasi tentang kesehatan ibu hamil di masa pandemi Covid-19, kepada masyarakat Magelang dan sekitarnya melalui Dialog Interaktif memalui salah satu radio di Magelang, Rabu (14/5) lalu. Plt Balkesmas dr Widhy Sulistyowati sebagai narasumber menyampaikan sekilas tentang perkembangan terkini kasus Covid-19. Perkembangan kasus Covid 19 menggunakan sumber data Kemenkes tanggal 12 April 2021 bahwa total kasus konfirmasi Covid 19 Global sebanyak 135,646,617 kasus dengan 2,930,732 kematian di 222 negara terjangkit dan 190 negara transmisi local. Sedangkan update kasus Covid khusus wilayah kota Magelang (13 April 2021), total konfirmasi 2090 kasus, 159 meninggal, dan 1964 sembuh.(sumber : info Covid19 Kota Magelang). “Ibu hamil termasuk dalam kategori kelompok rentan yang dapat terinfeksi Covid 19, oleh karena itu sangat disarankan bagi para ibu hamil untuk melakukan langkah-langkah pencegahan sekaligus penguatan kandungan di masa pandemi ini,” ungkap dokter Widhy.
Narasumber kedua, Mustaida, SKep Ners, MKep menyampaikan ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil terkait kondisi pandemi, yaitu menjalankan protokol kesehatan ekstra, 3M (Memakai Masker-Menjaga Jarak-Mencuci Tangan), 3T (Tracing-Testing-Treatment), dan VDJ (Ventilasi-Durasi-Jarak). “Selain itu juga ibu hamil harus disiplin diri, Pemeriksaan rutin, melakukan pola hidup bersih dan sehat. Kemudian, melakukan olah raga teratur, asupan vitamin cukup, hindari cemas berlebihan dan lakukan aktifitas secara normal,” tambahnya.

Kegiatan dialog interaktif melalui media elektronik ini rutin dilaksanakan oleh tim Promkes Balkesmas Wilayah Magelang, dalam rangka memberikan edukasi-edukasi kepada masyarakat terkait dengan masalah kesehatan. Selain itu, di kantor Balkemas Wilayah Magelang juga menyediakan media promkes berupa leaflet dan poster yang dapat dibaca-baca oleh setiap pengunjung.(hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Tobongsari Lockdown karena Mahasiswa Untidar, Ketua RT : Itu Hoaks