Perpustakaan SMKN 2 Magelang Raih Penilaian Akreditasi A

Penyerahan sertifikat Akreditasi A Perpustakaan dari kepala perpustakaan SMKN 2 Magelang kepada kepala Sekolah SMKN 2 Magelang
AKREDITASI. Penyerahan sertifikat Akreditasi A Perpustakaan dari kepala perpustakaan SMKN 2 Magelang kepada kepala Sekolah SMKN 2 Magelang

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG – Perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang meraih predikat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI tahun 2021. Sertifikat diserahkan pada pihak sekolah melalui Perpustakaan Daerah Kota Magelang, Rabu (24/03/2021).

“Diraihnya akreditasi A ini sangat penting bagi Perpustakaan SMKN 2 Magelang. Sebab, dengan adanya akreditasi ini, perpustakaan SMKN 2 Magelang telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan. Adapun masa berlaku akreditasi ini selama lima tahun,” ujar Budiyanto SPus, selaku pustakawan SMKN 2 Magelang

Budiyanto menambahkan bahwa ada enam komponen penilaian akreditasi Perpustakaan, yakni koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, penguat.

“Kami bisa mencapai akreditasi A berarti SMKN 2 Magelang telah memenuhi syarat dari 6 komponen penilaian,” ujar Dra Wiwik Pristiwati selaku kepala perpustakaan SMKN 2 Magelang

“Berkat usaha keras dengan memperbaiki dan memperbaharui sistem yang ada, tim akreditasi perpustakaan nasional memberikan nilai A untuk perpustakaan SMKN 2 Magelang,” tambahnya.

Sebelumnya, SMKN 2 Magelang telah mengirimkan dokumen yang mencatat seluruh fasilitas di perpustakaan dan dibuktikan dengan kegiatan visitasi online. Termasuk di dalamnya kegiatan meminjam buku, kunjungan para siswa, kerja sama perpustakaan luar sekolah, dan penguat perpustakaan. Dari dokumen tersebut tim akreditasi bisa menilai benar atau tidaknya dokumen yang diberikan dengan keadaan perpustakaan yang sebenarnya.

Melalui surat tertulis dari Perpusnas, Perpustakaan SMKN 2 Magelang mendapat beberapa masukan di antaranya perlu adanya penambahan pegawai tetap, penambahan tenaga profesional perpustakaan serta peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan, perlu adanya penyusunan rencana jangka panjang pengembangan perpustakaan, dan peningkatan jumlah dana dari partisipasi masyarakat dan perlunya peningkatan jumlah prestasi perpustakaan dan pustakwan.

“Selamat kepada Perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang yang telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dan memperoleh akreditasi A, semoga dapat mempertahankan akreditasi dan meningkatkan kualitas pelayananan,” ujar Mila Yustiana SPd MMPar, selaku Kepala SMKN 2 Magelang.

SMK Bisa ! SMK Hebat ! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!. (adv/sherly/timjurnalistikskanida)