Harga Daging Ayam Mulai Naik, Sejumlah Bahan Pokok Masih Stabil

Salah stau pedagang ayam potong di pasar tradisional di Temanggung sedang menunggu pembeli.
LAYANI PEMBELI. Salah stau pedagang ayam potong di pasar tradisional di Temanggung sedang menunggu pembeli.

MAGELANGEKSPRES.TEMANGGUNG – Menjelang bulan Ramadan, harga daging ayam potong merangkak naik. Namun demikian harga sembako lainnya masih stabil dan belum ada kenaikan yang signifikan.
Kasi Promosi Kerja Sama Perdagangan Dinkopdag Kabupaten Temanggung Voronica Henny Eka Saputra, mengatakan kenaikan harga daging ayam potong sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Kenaikan dipicu banyaknya permintaan dari masyarakat.
“Menjelang Ramadan masyarakat di Temanggung banyak yang menggelar tradisi nyadran dan selamatan desa, sehingga kebutuhan ayam naik,” tuturnya, Senin (12/4).
Ia menyebutkan, kenaikan harga berlangsung sejak dua pekan lalu, dari sebelumnya Rp30.000-Rp32.000 menjadi Rp38.000 per kilogram.
“Baiknya bertahap, dari naik seribu kemudian naik lagi dan akhirnya saat ini harga daging ayam potong Rp38.000,” terangnya.
Sedangkan harga cabai rawit merah yang sebelumnya sempat menembus harga Rp110.000 per kilogram telah berangsur turun dan kini menjadi Rp60.000 per kilogram.
Veronica mengatakan, menjelang bulan Ramadan tim Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, melakukan pemantauan harga di pasar tradisional.
Menurut nya, dengan melakukan pemantauan harga makan bisa mengetahui perkembangan harga yang terjadi, terutama menjelang Ramadan dan Idul fitri yang akan datang.
Dengan mengetahui perkembangan harga yang terjadi, terutama menjelang Ramadan dan Idul Fitri bisa mengantisipasinya.
“Kami berharap jika terjadi kenaikan harga maka tidak terlalu tinggi sehingga tidak meresahkan masyarakat,” katanya usai memantau harga sembako di Pasar Kliwon Temanggung.
Selain memantau harga, pihaknya juga memantau ketersediaan stok sembako di pasar. Harapannya menjelang Ramadan dan Idul Fitri mendatang ketersediaan stok bahan pokok cukup sehingga kebutuhan masyarakat nanti bisa terpenuhi.
Secara umum harga kebutuhan pokok (sembako) menjelang Ramadan 1442 H di pasar tradisional di Temanggung cenderung stabil. Namun memang ada beberapa jenis kebutuhan yang mengalami kenaikan atau penurunan. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Pemkab Temanggung Gulirkan Rp8,9 M untuk Perawatan Jalan