JNE Berikan Penawaran Menarik untuk UKM

Gelar Webinar JNE Ngajak Online 2021
VIRTUAL.JNE Ngajak Online 2021—Goll Aborasi Bisnis Online 2021 bersama UKM Magelang, Senin (13/4).

Gelar Webinar JNE Ngajak Online 2021

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG-JNE bersama dengan MarkPlus, Inc. mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 bertajuk Goll Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Magelang guna pemberdayaan UKM khususnya di Kota Magelang. Melalui webinar ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk mampu bersaing di era digitalisasi bisnis baik dalam skala nasional hingga internasional.

Pada massa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang begitu besar pada sektor perekonomian di Indonesia. Pola hidup pada masyarakat yang berubah telah menciptakan tantangan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) agar dapat bertahan di tengah masa ketidakpastian.“Setiap orang pasti mendapatkan tantangan begitu besar dari munculnya wabah Covid-19 di Indonesia. JNE pun hadir sebagai wadah bagi UKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya dan mudah-mudahan para pelaku usaha mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dari gelaran Ngajak Goll. Aborasi Online kali ini,” ujar Marsudi selaku Head of Regional JNE Jateng dan DIY dalam webinar virtual pada Senin (12/4).

Bambang Kristiadi, Kepala Cabang JNE Magelang mengutarakan, sebagai bentuk dukungan JNE dalam mendukung UKM Kota Magelang,  JNE senantiasa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti berkobolarasi dengan dinas BAPPEDA Kota Magelang dan melakukan berbagai sponsorship dalam acara pelatihan UKM tentang digital marketing.

Di sisi lain, JNE turut bekerja sama dengan brand owner untuk mempromosikan produk mereka baik secara offline  maupun online. Tak lupa pula untuk terus aktif menjalankan program cashback, gratis ongkir, JLC, free pick up, dan juga membagikan hadiah, serta pemberdayaan komunitas daerah untuk ikut andil membantu daya saing UKM daerah Magelang  di tengah pandemi.

Fahri Windi Ansori selaku Founder & Owner Fahri Orchid yang hadir sebagai perwakilan dari pelaku UKM mengatakan, tahap awal yang harus dilakukan bagi calon pelaku usaha sebelum membuka bisnis ialah mempelajari perilaku konsumen dan set target market secara tepat. Kemudian, pengemasan produk juga memiliki pengaruh besar bagi berkembangnya para pelaku bisnis khususnya yang menjual benda hidup, seperti tanaman. “Packaging produk perlu diperhatikan saat kita memulai usaha. Kita harus pastikan bahwa produk yang kita pamerkan di media sosial dengan produk yang tiba di tangan konsumen merupakan produk yang sama. Selain itu, sangat disarankan untuk memberikan edukasi terkait produk. Misalnya, bagaimana cara merawat tanaman bagi pemula lewat akun YouTube. Hal ini akan membuat kita tampil berbeda dari kompetitor dan konsumen pun akan datang dengan sendirinya,” tambah Fahri.

Sementara itu, Owner Sanggarrejeki Tri Agung Setyawan menilai, di situasi pandemi ini kegiatan belanja mulai beralih ke online. Untuk mempertahankan kepercayaan konsumen, penting bagi pelaku UKM untuk menjamin terkirimnya produk secara utuh dan aman agar minat dan kepuasan konsumen meningkat seiring kita menyusun strategi bisnis yang baru di masa ketidakpastian ini. “Melakukan inovasi dan diversifikasi produk sangat disarankan bagi pelaku bisnis untuk dapat terus tumbuh dan maju di situasi sekarang ini. Strategi marketing yang saat ini sedang kami lakukan guna meningkatkan penjualan produk di tengah pandemi adalah dengan membuat Made By Custom Products,” pungkas Agung.

Kota Magelang merupakan kota ke-16 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021—Goll Aborasi Bisnis Online 2021. Webinar ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Magelang yang ke-1115. JNE Ngajak Online merupakan roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia dan dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. Setelah Magelang, kota ke- 17 pelaksanaan JNE Ngajak Online 2021 adalah Tegal pada 15 April 2021. (hen)