Dewan Dukung Perayaan Hari Jadi 1115 Kota Magelang Digelar Sederhana

DUKUNG. DPRD Kota Magelang mendukung upaya Pemkot Magelang memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan peringatan hari jadi ke-1115 yang digelar secara terbatas dan sederhana tahun ini.

MAGELANGEKSPRES.DPRD Kota Magelang mendukung Pemkot Magelang menggelar perayaan hari jadi ke-1115 Kota Magelang tahun 2021 dengan sederhana. Hal ini mengingat saat sekarang masih pandemi Covid-19 dan masih diterapkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengatakan, peringatan hari jadi memang sebaiknya untuk saat ini dilakukan secara sederhana. Selain masih masa pandemi, kondisi masyarakat juga belum normal, sehingga perlu uluran tangan pemerintah.

”Pemkot harus tetap hadir di tengah masyarakat yang masih terdampak pandemi. Apalagi ini menjelang bulan Ramadan, pelayanan masyarakat perlu diperhatikan, termasuk penanganan kesehatan juga jadi perhatian kita,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu menuturkan, permasalah di masyarakat hanya bisa diselesaikan dengan semangat kebersamaan. Tidak hanya pemerintah, tapi juga segenap stakeholder bisa saling bekerja sama.

”Kita harus sinergi untuk mengatasi masalah pandemi dan dampaknya ini. Sesuai arahan pemerintah pusat bahwa kita harus fokus pada pengembalian ekonomi nasional atau kebangkitan ekonomi bersama,” ujarnya.

Terkait tema Hari Jadi “Magelang Maju, Sehat, dan Bahagia”, dia mengaku, mendukung upaya Pemkot Magelang dalam membangun Kota Magelang menjadi maju. Hari jadi, lanjutnya, bisa menjadi momentum untuk semangat bersama-sama menuju kebahagiaan.

”Kota Magelang yang maju menjadi harapan kita bersama, maka harus kita sengkuyung bersama pembangunan kota ini. Tak kalah penting juga harus sehat, maka pelayanan kesehatan pun perlu terus didorong agar makin meningkat,” jelasnya.

Hal yang sama juga diutarakan Wakil Ketua DPRD Kota Magelang, Bustanul Arifin. Ia sepakat perayaan hari jadi ke-1115 Kota Magelang tidak perlu ramai-ramai seperti sebelum masa pandemi Covid-19. Menurutnya, terpenting adalah Pemkot Magelang turun untuk membantu masyarakat bangkit ekonominya.

”Hari jadi memang tetap perlu diperingati, karena untuk pengingat bagaimana perjuangan dan sejarah pendirian Magelang pada zaman dulu. Pengingat juga untuk masyarakat bahwa usia Magelang sudah lebih dari satu milenium,” paparnya.

Politisi PKS itu juga mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama membangkitkan ekonomi kembali. Hal ini dirasa paling penting dibanding hanya kegiatan seremonial semata.

”Mari jadikan hari jadi ini momentum untuk kebangkitan ekonomi. Kita harus semangat, pantang menyerah untuk bangkit bersama dan menuju Kota Magelang Maju, Sehat, dan Bahagia,” pungkasnya. (adv)