Dua Kampung di Wates Dijadikan Kampung Religi Perdana di Kota Magelang

Untuk pertama kalinya, Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah, Kelurahan Wates dijadikan Kampung Religi, sebagai pelaksanaan program 100 hari pertama Walikota dr Aziz dan Wakil Walikota KH Mansyur.
RELIGI. Untuk pertama kalinya, Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah, Kelurahan Wates dijadikan Kampung Religi, sebagai pelaksanaan program 100 hari pertama Walikota dr Aziz dan Wakil Walikota KH Mansyur.

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG – Sesuai janjinya, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz dan Wakil Walikota Magelang KH M Mansyur akan menjalankan program prioritas pada 100 hari pertama mereka menjabat sebagai kepala daerah.

Salah satunya adalah mewujudkan Kampung Religi di Kota Magelang. Jumat (9/4), Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, dicanangkan sebagai Kampung Religi oleh Pemkot Magelang.

“Salah satu misi kami adalah membuat Kampung Religi. Di sini akan tercermin sebuah toleransi bahwa semakin tinggi religiusitas, semakin kita taat pada Tuhan yang Maha Kuasa maka akan semakin baik dalam bertoleransi, tidak akan mungkin terjadi radikalisme,” kata Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, dalam sambutan pencanangan Kampung Religi di Balai RW 2 Kampung Wates Beningan, Jumat (9/4).

Aziz mengatakan akan ada kegiatan-kegiatan positif dalam rangka peningkatan keimananan dan ketaqwaan di Kampung Religi. Menurutnya, Kampung Religi yang dimaksud bukan hanya untuk satu agama, tetapi semua agama.

“Yang dimaksudkan pencanangan Kampung Religi nanti ada hal-hal positif yang terjadi, peningkatan ibadah dan pemahamannya meningkat, juga kegiatannya. Apalagi menjelang Ramadan ini dalam Islam akan ada syiar tapi harus patuh protokol kesehatan,” tuturnya.

Pihaknya berharap, pencanangan akan membawa Kota Magelang semakin baik. Ia mengingatkan Kampung Religi harus bersinergi dengan program lain seperti program pengentasan kemiskinan.

Wakil Walikota Magelang KH Mansyur yang turut pada pencanangan itu menambahkan beberapa indikator Kampung Religi, antara lain keimanan dan ketaqwaan warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengetahuan keagamaan semakin luas dan luwes serta sikap toleransi.

“Kemudian, kerukunan umat beragama semakin lestari, pengamalan ibadah mantab, tempat-tempat ibadah makmur, dan masyarakatnya berakhlakul karimah. Masyarakatnya juga semakin gigih, giat, dan aktif ikut serta dalam pembangunan Kota Magelang,” kata dia.

Artikel Menarik Lainnya :  Lebih dari 50 Ribu Media Olinne,Tak Sampai 1000 yang Tersertifikasi

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Kota Magelang Hadi Sutopo mengemukakan, adanya pencanangan Kampung Religi merupakan salah satu wujud Kota Magelang merupakan kota yang religius. Pencanangan pertama di Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah yang diharapkan menjadi spirit kampung-kampung lainnya.

“Kampung Religi adalah program 100 hari kerja pertama. Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah adalah kampung yang pertama di Kota Magelang. Sebelumnya warga sudah membentuk tim Kampung Religi dan setelah dicanangkan kami bersama OPD terkait akan sengkuyung mewujudkan Kampung Religi,” kata Hadi. (wid)