SMKN 3 Magelang Laksanakan US Daring

Ilustrasi Gedung SMK Negeri 3 Kota Magelang
Ilustrasi Gedung SMK Negeri 3 Kota Magelang

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG – SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) daring tahun pelajaran 2020/2021 mulai hari Kamis-Senin (1-12 April 2021) dengan menggunakan Learning Management System (LMS) MOODLE di rumah masing-masing peserta ujian.

Kegiatan US dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 421/ 02660 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah, Kelulusan Peserta Didik dan Kenaikan Kelas di Satuan Pendidikan SMA/SMK, dan SLB di Provinsi Jawa Tengah.

Pada bagian A pasal 3 dinyatakan bahwa US, Kelulusan, dan Kenaikan kelas yang merupakan bagian dari proses pembelajaran tetap diselenggarakan dengan memberikan penyesuaian berdasarkan kondisi kedaruratan akibat pandemik Covid-19.

Plt Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Mila Yustiana SPd, MMPar berharap US Daring berjalan lancar karena peserta ujian melaksanakannya pada masa pademi Covid-19 di rumah masing-masing dengan  latar belakang social, ekonomi, budaya dan  kondisi geografis yang berbeda-beda.

“Anak-anak sudah familiar dengan LMS Moodle karena kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga menggunakan Moodle,” ujarnya.

Mata pelajaran yang diujikan di sekolah ini Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKN, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, Bahasa Inggris, Penjasorkes, Matematika, Sejarah Indonesia, Dasar Kompetensi Keahlian, Bahasa Jawa, IPA Terapan, Fisika, Kompetensi Keahlian, Kepariwisataan, Kimia, dan Simulasi Komunikasi Digital. Setiap hari dilaksanakan dua mata pelajaran  dengan bentuk soal pilihan ganda dan  durasi waktu 120 menit.

Sutji Sadarini SPd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang juga sebagai ketua panitia US SMK Negeri 3 Magelang mengatakan, bahwa US tahun pelajaran 2020/2021 diikuti 373 siswa, dengan rincian 103 orang dari kompetensi keahlian tata boga, 104 orang dari kompetensi keahlian tata busana, 68 orang dari kompetensi keahlian kecantikan kuli dan rambut, 67 orang dari kompetensi keahlian perhotelan, dan 31 orang dari kompetensi keahlian multimedia.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 2 Magelang Terapkan PKL Online

“Dari 373 orang peserta tersebut terdiri dari  48 orang laki-laki dan 325 orang perempuan,” tambahnya.

Persyaratan untuk untuk US Daring di SMK Negeri 3 Magelang ada tiga. 1) Terdaftar pada tahun terakhir jenjang pendidkan di SMK Negeri 3 Magelang. 2) Memiliki laporan lengkap penilaian belajar pada satuan pendidikan tertentu mulai semester 1 ( satu ) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu ) tahun terakhir. 3) Siswa yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari sekolah yang setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 ( tiga ) tahun sebelum mengikuti ujian sekolah, atau sekurang-kurangnya 2 ( dua) tahun untuk peserta program SKS.

Walaupun Ujian Sekolah Daring dilaksanakan di rumah masing-masing, pihak sekolah ( panitia Ujian Sekolah) bekerja sama dengan wali kelas dan orang tua/ wali siswa selalu memantau aktivitas peserta ujian selama ujian berlangsung. (Tim jurnalistik Skaniga, Umi Khayah R)