RDK Unimma Bakal Dikemas Secara Sederhana

Tabligh akbar mengawali kegiatan RDK di Kampus Universitas Muhammadiyah Magelang sebelum bulan Ramadan
RDK. Tabligh akbar mengawali kegiatan RDK di Kampus Universitas Muhammadiyah Magelang sebelum bulan Ramadan.

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG SELATAN – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI), Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mulai merancang serangkaian kegiatan jelang masuknya bulan suci Ramadan. Namun, pelaksanaan Ramadan di Kampus (RDK) tahun ini tak jauh berbeda dengan setahun lalu, karena dibatasi secara ketat, lantaran masih adanya pandemi Covid-19.

Agenda pertama RDK di Unimma adalah tabligh akbar yang digelar kemarin. Tabligh yang diisi oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah drs Tafsir MAg tersebut mengangkat tema “Hidup Mulia di Bulan Penuh Makna” secara luring dan daring di auditorium Kampus 1 Unimma.

Wakil Rektor III, M Thohirin MAg mengatakan bahwa menyambut datangnya bulan Ramadan menjadi bagian dari adab. Oleh karena itu, RDK juga merupakan bagian dari dakwah dan syiar Islam.

Baca Juga
Penyemprotan Disinfektan Sangat Banyak Manfaatnya

“Unimma yang merupakan tangan panjang dari persyarikatan yang bertugas untuk ikut dakwah amar makruf nahi munkar sehingga mengadakan RDK ini sebagai perwujudannya,” katanya.

Sementara itu, Tafsir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Ramadan tidak hanya menghasilkan pemahaman syariah saja. Lebih dari itu, bulan suci menghasilkan pemahaman fikih dan kebudayaan keagamaan.

“Kreativitas budaya dalam menyongsong bulan Ramadan itu penting, karena tanpa budaya, agama itu sepi. Kita hidup di Indonesia yang multikultur dan adanya persaingan pengaruh antar budaya. Kalau sampai umat Islam tidak memiliki kreativitas budaya, Islam akan tenggelam tergerus budaya lain yang lebih kreatif,” ujarnya.

Tafsir menambahkan, Ramadan juga sebagai bulan penuh kemuliaan karena sebutannya yaitu syahrun mubarok. Menurutnya, pemahaman mengenai syahrun mubarak, harus dilakukan secara proporsional.

“Jangan sampai kita kebablasan memaknai kebahagiaan dengan kebahagiaan fisik yang mendekati hedonistic,” tuturnya.

Selain tabligh akbar, RDK juga akan menyelenggarakan kegiatan lain seperti Ramadan bersama tokoh, Ramadan goes to scholl, pengajian Nuzulul Quran, berbagi dengan dhuafa, dan beberapa kegiatan lainnya. (wid)