Dinkes Temanggung Fokus Vaksinasi Guru

Sejumlah guru sedang diperiksa kesehatannya sebelum menjalani vaksinasi Covid-19 di SMK N 1 Temanggung.
VAKSINASI. Sejumlah guru sedang diperiksa kesehatannya sebelum menjalani vaksinasi Covid-19 di SMK N 1 Temanggung.

MAGELANGEKSPRES.TEMANGGUNG – Dinas Kesehatan Temanggung meminta agar Dinas Pendidikan dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Temanggung untuk membuat daftar sekolah atau madrasah, sebagai persiapan data vaksinasi guru dan tenaga pendidik.

Sekretaris Dinas Kesehatan Khabib Mualim mengatakan, pendaftaraan data sekolah dan madrasah sangat penting dilakukan, sehingga kedepan bisa diurutkan.

“Setidaknya didaftar terlebih dahulu, semua tingkatan sekolah dan madrasah yang ada di Temanggung,” katanya.

Menurut Khabib, saat ini Pemerintah Kabupaten Temanggung memang masih fokus menyalurkan vaksinasi kepada tenaga pendidik di sejumlah sekolah yang sedang melakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Sebagaimana diketahui setidaknya sudah ada empat sekolah negeri di Temanggung yang melaksanakan PTM. Ke empat sekolah tersebut yakni SMK N 1 Temanggung, MAN Temanggung, SMPN 2 Temanggung dan SMAN 1 Parakan.

Khabibi menyampaikan, vaksinasi Covid-19 memang baru diberikan kepada tenaga pendidik di sekolah tersebut. Karena ketersediaan vaksin terbatas maka vaksinasi bagi para guru baru dilakukan untuk sekolah yang melakukan uji coba PTM.

Baca Juga
Ganjar Berikan Hadiah Laptop ke Irsan Siswa SMP Mungkid

“Sedangkan untuk guru yang lain kami akan mengikuti perkembangan kebijakan untuk pendidikan tatap muka dan juga ketersediaan vaksin,” katanya.

Khabib mencontohkan vaksinasi pada suatu tahapan untuk guru hanya 2.000 orang, berarti tinggal mengurutkan sesuai daftar sekolah tersebut.

“Jika sudah ada data, maka kami tinggal menjadwalkan saja. Jadi akan jauh lebih mudah dalam pelaksanaanya,” terangnya.

Khabib menyampaikan realisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Temanggung hingga Selasa (6/4) sebanyak 21.758 orang (vaksinasi dosis 1) dengan rincian tenaga kesehatan 3.250 orang, layanan publik 10.487 orang, dan lansia 8.021 orang. Kemudian jumlah hasil vaksinasi dosis 2 sebanyak 11.712 orang dengan rincian tenaga kesehatan 3.007 orang, layanan publik 8.528 orang, dan lansia 177 orang.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Terus Melojak

Khabib menyebutkan droping vaksin dari provinsi dilakukan secara bertahap. Rata-rata setiap droping sekitar 1.000 vial atau 10.000 dosis yang cukup untuk vaksinasi 5.000 orang.

“Kabupaten Temanggung terakhir mendapat tambahan vaksin pada 25 Maret 2021. Mudah-mudahan pada pekan ini dapat droping lagi,” katanya.(set)