Hasil Panen Melimpah, Harga Beras Turun

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Temanggung Sri Hariiyanto sedang meninjau pedagang beras di Pasar Legi Parakan,
MENINJAU. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Temanggung Sri Hariiyanto sedang meninjau pedagang beras di Pasar Legi Parakan, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Harga jual beras di Temanggung mengalami penurunan harga hingga Rp500-Rp1000 per kilogram. Turunnya harga bahan pokok ini karena dalam waktu satu bulan terakhir, petani di wilayah Kabupaten Temanggung memasuki panen raya.

“Kenaikan tergantung dari jenis dan kualitas berasnya, turunnya sudah sepekan terakhir ini,” tutur Kenti (49), salah satu pedagang beras di Pasar Legi Parakan, kemarin.

Kenti menyebutkan, harga beras dengan kualitas medium turun Rp1000 per kilogram dari harga Rp10.000 menjadi Rp9.000 per kilogram. Sedangkan di bawah kualitas tersebut dari Rp9.000 menjadi Rp8.000 per kilogram.

“Untuk kualitas bagus, sedang dan medium itu turunnya rata-rata seribu rupiah, kalau dirasakan dari rasanya sudah enak dan sangat layak untuk dikonsumsi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk beras kualitas premium lanjut Kenti, penurunan harga hanya sedikit yakni rata-rata Rp500 per kilogram. Beras dengan kualitas Premium ini memang hanya kalangan tertentu saja.

Dina (39) pedagang lainnya mengatakan, turunnya harga beras dalam sepekan terakhir ini lantaran, petani di daerah Temanggung mulai memasuki panen raya, sehingga pasokan beras dari sangat melimpah, sedangkan kebutuhannya stabil.

“Kalu panen rayanya memang kurang lebih sudah tiga pekan lalu, tapi proses pengeringan hingga siap menjadi beras cukup memakan waktu,” ujarnya.

Baca Juga
DWP Gowes Bareng Tingkatan Imun

Menurut Dina, meskipun harga mengalami penurunan namun omset penjualan tidak serta merta terus melonjak. Kebutuhan beras masih sangat stabil. Bahkan diperkirakan masih belum banyak petani yang menjual hasil panennya.

“Petani biasanya tidak menjual semua hasil panennya, saat harga turun seperti ini biasanya masih disimpan, selain menunggu harga membaik juga sebagai persediaan petani,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perinduatrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Temanggung Sri Hariyanto menuturkan, ketersediaan beras di Kabupaten Temanggung lebih dari cukup, apalagi saat ini petani sedang panen raya.

Artikel Menarik Lainnya :  Pemkab Temanggung Mulai Tata Pejabat

“Melimpah sekali, sekarang harganya jadi turun karena memang petani sedang panen raya,” katanya. (set)