Menggunakan E-Voting, Ketua IPM SMP Mutual Terpilih

Ketua IPM SMP Mutual Terpilih
Menggunakan E-Voting, Ketua IPM SMP Mutual Terpilih

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN-Sebanyak 2 pasangan calon Ketua Ikatan Pelajar Muhammdiyah (IPM) Ranting SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang ramaikan dalam pemilihan Ketua IPM SMP Mutual. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan E-Voting karena suasana pandemi.

Selain memudahkan dalam perhitungan, pertimbangan lain adalah beberapa siswa saat ini masih daring. Para siswa belum masuk sehingga tidak bisa melakukan pemilihan secara offline.

Ezra, Ketua IPM SMP Mutual mengantakan bahwa pemilihan ini merupakan reorganisasi kepemimpinan tahun berikutnya.

“Sebenarnya sudah beberapa bulan lalu, karena pandemi jadi sempat tertunda”, katanya.

Sementara itu, karena siswa boarding sudah ada yang masuk, maka disekolah juga ada pemilihan langsung berbasis IT.

“Kita gunakan laptop untuk membantu memudahkan para siswa yang sudah disekolah karena boarding”, ujarnya.

Baca Juga
Calon Wisudawan Unimma Dibekali Jobfair

Adapun Paslon No. 1 (IPMawan Alvito dan IPMawati Najmi) dan Paslon No. 2 (IPMawan Chaisa dan IPMawati Devinta). Sebelumnya, ada penjaringan yang dilakukan oleh IPM dan dibantu oleh kesiswaan SMP Mutual.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu-Sabtu (17-20/2), mendapat antusias guru karyawan dan juga para siswa boarding maupun fullday untuk menggunakan hak suaranya.

“Ada 6 bilik dilengkapi laptop bagi siswa boarding sehingga pemilihan tidak lagi mencoblos dan dihitung manul. Metode yang digunakan berbasis online. Karena siswa boarding tidak boleh membawa gadget, maka mereka menggunakan laptop yang sudah disediakan,” terangnya.

Sementara itu, Dwi Dedi, S. Pd selaku kesiswaan mendukung program tersebut. Ini tentu memudahkan panitia saat menghitung.

Senada, Wasi’un, M. PdI selaku kepala sekolah berharap ini bisa menjadi ajang belajar dan edukasi para siswa kaitanya dalam pemilihan langsung.

“Ini juga menanamkan nilai-nilai demokrasi. Sehingga penanaman karakter dalam diri siswa dapat terasah,”ungkapnya, Rabu(24/3).

Artikel Menarik Lainnya :  Tak Patut Dicontoh. Harusnya Menjaga, Oknum Satpam Malah Mencuri

Lanjutnya, dirinya membeberkan bahwa langkah ini merupakan bentuk bagian dari konsep pendidikan. Bukan sekedar mengejar akademis, namun juga menanamkan nilai-nilai karakter melalui pengalaman.

“Selamat untuk mas Chaisa yang terpilih. Semoga mendapat keputusan terbaik dalam pergantian pengurus IPM di SMP Mutual”, ucapnya.

Dalam penutupan acara, Chaisa Rafi Andika mengajak kepada para anggota IPM untuk dapat bersama-sama menjalankan amanah. Dirinya berharap dengan amanah barunya nantinya dapat bersama-sama membawa amanah IPM.

“Kita akan menyusun program. Meski pandemi, kita bisa rencanakan dengan baik. Entah dengan online maupun offline. Yang jelas saya tidak sendiri dan ini amanah bersama”, tuturnya. (hen)