Pemkot Magelang dan Pemkab Temanggung Jalin Kerjasama Pariwisata

BINCANG. Bupati Temanggung M AL Khadziq (memakai peci) dan Wali Kota Magelang M Nur Aziz sedang berbincang saat kunjungannya di Temanggung, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Temanggung, menjadi salah satu daya tarik bagi Kota Magelang. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Magelang akan menggandeng Kabupaten Temanggung guna meningkatkan potensi wisata di kedua daerah tersebut.

“Selain Pariwisata sebenarnya masih banyak yang bisa dikerjasamakan, kalau kami ingin kerja sama bidang pariwisata karena kami kota jasa yang mengandalkan bagaimana melayani,” kata Wali Kota Magelang Muchammad Nur Aziz saat bersilaturahmi dengan Bupati Temanggung M AL Khadziq di Pendopo Jenar, Selasa (23/3).

Namun demikian, lanjutnya, bentuk kerjasama dalam dunia pariwisata ini akan terjalin dengan bagus manakala Bupati Temanggung berkenan untuk bekerjasama.

“Kami masih berusaha menata objek-objek wisata yang ada, Nanti ya bekerja sama, mudah-mudahan beliau (Bupati Temanggung) juga berkenan,” harapnya.

Tidak hanya potensi pariwisata, sarana transportasi juga akan menjadi salah satu penunjang, sehingga ke depan harus dicari bentuk transportasi yang paling efisien untuk menghubungkan wilayah Kedu.

Sebab katanya, dalam kurun waktu 20 tahun ini perkembangan transportasi di wilayah Kedu tidak menunjukan adanya perkembangan yang signifikan, padahal perkembangan transportasi juga akan menjadi daya tarik tersendiri.

“Selama hampir 20 tahun saya meninggalkan Kota Magelang transportasinya belum ada perkembangan signifikan. Padahal Kota Magelang-Temanggung itu dekat sekali, tetapi kadang kala kesulitan transportasinya. Mudah-mudahan ke depan kami bisa membuat cara supaya kita bisa saling belajar,” katanya.

Sebagai wali kota yang baru dilantik, sudah sepantasnya menimba ilmu dari pemerintah daerah lainnya, sehingga bisa terwujud kerjasama yang bagus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sebagai wali kota baru tentunya harus belajar dengan senior saya dan kedua yang saya inginkan ada hubungan yang erat antara Kabupaten Temanggung dengan Kota Magelang. Mudah-mudahan nanti tetap ada kerjasama karena seperti yang dikatakan Bupati Temanggung bahwa masyarakat Magelang dan Temanggung tipologinya hampir mirip,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Tenang, Dana Haji yang Sudah Disetor Aman

Sementara itu Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, silaturahmi dengan Wali Kota Magelang ini menjadi ajang bersama dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini merupakan ajakan silaturahmi yang bagus antara dua daerah yang sama-sama saling belajar,” katanya.

Pihaknya juga mungkin akan mempelajari bagaimana Pemerintah Kota Magelang menata kota sehingga bisa lebih rapi, meskipun kepentingan masyarakat atau rakyat kecil tetap bisa terlayani dengan baik.

“Sebaliknya Kota Magelang juga akan belajar dengan Temanggung tentang banyak hal. Sama-sama mengelola masyarakat yang hampir sama karakternya. Nanti kami siap untuk menjalin kerja sama,” katanya. (set)