3 Bulan Sekali, Ratusan Kendaraan Dinas Kodim 0705/Magelang Diganti Oli

GANTI OLI. Petugas sedang melakukan penggantian oli terhadap kendaraan dinas Kodim 0705/Magelang yang dilaksanakan di Halaman Belakang Makodim 0705/Magelang, Selasa/Rabu ( 23-24/3).

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG-Pada umumnya bagi pengguna kendaraan bermotor, baik itu mobil ataupun motor, pergantian oli mesin kendaraan merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Penggantian oli secara rutin dilakukan agar mesin kendaraan menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik bagi kendaraan yang dipakai.
Seperti yang dilakukan oleh Kodim 0705/Magelang, perawatan rutin setiap tri wulan dengan mengganti oli terhadap 221 kendaraan dinas roda dua dan roda empat di halaman belakang Makodim 0705/Magelang, Selasa-Rabu ( 23-24/3).
Perwira Staf Logistik (Pasilog) Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Winarya mengatakan fungsi dari oli mesin sendiri adalah sebagai pelumas, sebagaimana kinerjanya oli memiliki tugas untuk melumasi komponen-komponen mesin supaya pada saat terjadi gesekan antar komponen mesin tidak terjadi keausan. Fungsi lainnya dari oli mesin adalah sebagai pembersih, kotoran-kotoran yang ada pada bagian mesin akan disaring oleh saringan oli mesin.

Baca Juga
Pemkot Magelang akan Gandeng Kemenag, Turunkan Kemiskinan Lewat Dakwah Agama

“Merawat kendaraan bermotor adalah hal yang sangat perlu dilakukan bila ingin kondisi kendaraan bermotor berumur panjang,” ujar Kapten Inf Winarya.
Masih menurut Winarya, oli mesin juga berfungsi sebagai pencegah karat dan juga pendingin. Pada fungsi pencegah karat, bagian mesin yang sudah dilumasi oleh oli mesin secara otomatis akan mencegah datangnya karat. Oli mesin sebagai pendingin juga membuat mesin yang sudah dialiri oleh oli tidak terlalu panas dan dapat mendinginkan mesin tersebut.
Kapten Inf Winarya juga berpesan agar para personel Kodim 0705/Magelang yang memegang kendaraan dinas hendaknya peduli dan senantiasa rajin merawat dan memelihara kendaraannya. Kesipan kendaraan juga sangat menunjang dalam pelaksanaan tugas sehari–hari.
Penggantian oli hendaknya dilakukan secara rutin, jika oli mesin tidak diganti secara rutin akan menyebabkan kendaraan tidak lagi bekerja dengan baik, lalu kinerja mesin semakin menurun dan pada akhirnya mengakibatkan yang namanya turun mesin. Sehingga sudah seharusnya sebagai pengguna kendaraan untuk memperhatikan dan merawat mesin sesuai yang sudah dianjurkan“Jika oli mesin tidak diganti secara rutin akan menyebabkan kendaraan tidak lagi bekerja dengan baik,”pungkas Winarya.(hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Kabupaten Magelang Siaga Penambahan Kasus Covid-19