PKK Merupakan Mitra Pemerintah, Sekda Purworejo Minta OPD Membantu Kegiatannya

SOSIALISASI. OPD di lingkungan Pemkab Purworejo saat mengikuti sosialisasi program PKK, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon mengatakan, TP PKK merupakan mitra pemerintah, yang keberadaannya turut serta dalam pembangunan di Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo.  Tentu kegiatan-kegiatan PKK juga mensukseskan program-program pembangunan yang tercantum dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Purworejo. Secara teknis implementasi visi misi tersebut dilaksanakan pada Organisasi Perangkat daerah (OPD).

“Maka perlunya OPD dapat mendukung kegiatan PKK sesuai tugas pokok dan fungsi OPD. Juga perlunya sinkronisasi kegiatan TP PKK dengan kegiatan OPD, sehingga pelaksanaan dan hasilnya akan lebih efektif,” tandas Said Romadhon pada pembukaan sosialisasi kegiatan PKK Kabaupaten Purworejo Tahun 2021, kemarin di Ruang Arahiwang Setda.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan sekilas tentang sejarah TP PKK yakni gerakan pembangunan masyarakat yang memiliki peranan penting dalam pembangunan hingga lini paling bawah kelompok dasa wisma. Bahkan data PKK yang detail dari skup terkecil keluarga  juga menjadi bahan pembahasan untuk pelaksanaan pembangunan. Artinya OPD harus mendukung PKK untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Sementara itu Fatimah Verena Prihastyari mengaku sangat percaya dengan sinkronisasi semua kegiatan yang ada di OPD bisa mengikursertakan PKK begitu juga sebaliknya. Apabila sinkron program yang dilaksanakan OPD dan TP PKK terlaksana secara optimal maka hasilnya akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena PKK mempunyai kepanjangan tangan sampai tingkat paling bawah RT dan Dasa wisma.

Baca Juga
Harga Cabai di Wonosobo Capai Rp115 Ribu, Nyaris Setara Daging Sapi

“Seperti yang disampaikan Pak Sekda, yang terpenting dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK perlu kerjasama dan dukungan dari semua OPD. Tentu saya berharap ini dapat direalisasikan dalam bekerjasama antara OPD dengan PKK,” harap Fatimah.

Artikel Menarik Lainnya :  Dianggap Janggal, Proyek Jalan Desa Bragolan Diadukan ke Polisi

Sedangkan Erna Setyowati Said Romadhon memaparkan materi tentang program PKK Kab Purworejo Tahun 2021 yang mencakup 10 program pokok PKK dengan jumlah kegiatan 28 materi. Di antaranya kegiatan peningkatan mutu kader dan peningkatan SDM Hari Kesatuan Gerak PKK disinkronkan dengan OPD yang terlibat yakni Dinpermasdes Dinkominfo, Din KUKMP, Bag Humas Protokol, dan Bagian Umum.

Untuk lomba administrasi dan lomba pidato pola asuh anak melibtakan Dinsosdukkbpppa, Dindikpora. Ceramah bela negara melibatkan Kesbangpol, Lomba tabungan PBB melibatkan DPPKAD, Bhakti sosial melibatkan BPBD dan Dinsosdukkbppa, pelatihan kewirausahaan, pelatihan gizi dan pelatihan membatik melibatkan Dinperinaker dan DPPKP, dan Dinparbud.

Kegiatan-kegiatan tersebut kata Erna Said, rencananya dimulai Maret sampai Nopember dengan jadwal waktu yang telah ditentukan. “Harapannya OPD dan PKK bisa bekerjasama untuk melaksanakan 28 kegiatan yang endingnya untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat menuju Purworejo yang maju dan sejahtera,” ujar Erna Said. (luk)