663 Pedagang Pasar Legi Parakan Divaksin

VAKSIN. Sejumlah pedagang pasar di pasar Legi Parakan divaksin Covid-19 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Sebanyak 663 pedagang di pasar Legi Parakan mulai disuntik vaksin Covid-19, rencananya vaksinasi untuk pedagang pasar tradisional ini akan dilakukan hingga tiga hari kedepan.
Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung Adi Nurtantio mengatakan, sebenarnya jumlah pedagang di pasar Legi Parakan sebanyak 2.338 orang, namun untuk tahap pertama ini baru 663 pedagang yang akan mendapatkan vaksin. “Vaksinasi Covid-19 untuk pedagang ini dilakukan secara bertahap, tahap awal ini memang baru 663 pedagang yang sudah terdata terlebih dahulu,” terangnya kemarin.
Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan vaksinasi dari 663 pedagang ini akan dilakukan selama tiga hari kedepan yakni mulai dari 17 hingga 19 Maret 2021. Teknis pelaksanan vaksinasi sudah disosialisasikan kepada pedagang.”Sudah ada jadwal pastinya, pedagang yang akan mendapatkan suntikan vaksin akan diundang. Pedagang akan menjalani vaksinasi sesuai dengan jadwal yang telah mereka terima,” jelasnya.
Sedangkan untuk tahap selanjutnya, lanjut Adi, pihaknya masih menunggu jadwal pasti dari Dinas Kesehatan Temanggung. Namun untuk pedagang yang saat ini sudah menjalani vaksinasi akan mendapatkan vaksin termin kedua.
“Kalau untuk pedagang yang saat ini sudah vaksin, pasti akan mengikuti vaksin ditermin ke dua, jadwalnya juga menyesuaikan. Tapi kalau yang belum vaksin hari ini (Red_rabu) jadwalnya masih menunggu,” tuturnya.
Ke depan lanjutnya, tidak hanya pedagang di pasar Legi Parakan saja, namun pedagang di pasar tradisional lainnya seperti di pasar Pingit, Temanggung, Ngadirejo, dan Candiroto juga akan mendapatkan fasilitasi kesehatan dari pemerintah ini.
Ia menyebutkan sasaran semua pedagang, khususnya di pasar daerah itu sebanyak 9.281 pedagang, namun yang baru didaftarkan untuk divaksin sebanyak 3.286 pedagang. “Untuk saat ini memang yang terdaftar baru 3.286 pedagang, kami masih menunggu jadwal pasti dari Dinas Kesehatan Temanggung untuk pelaksanaan vaksin bagi pedagang lainnya,” tuturnya.
Adi menyampaikan pelaksanaan vaksinasi pedagang Pasar Temanggung nantinya direncanakan berlangsung di Kantor Camat Temanggung, kemudian pedagang Pasar Kranggan, Pasar Pingit, Pasar Ngadirejo, dan Pasar Candiroto akan berlangsung di puskesmas setempat.
Dari pantauan koran ini dilokasi tersebut, para pedagang di pasar Legi Parakan sangat antusias dan tertib mengikuti jalannya vaksinasi. “Alhamdulillah sudah vaksin, tidak terasa sedikitpun,”tutur Warti, salah satu pedagang dipasar setempat.
Ia mengaku, awalnya memang takut ketika menjadi salah satu sasaran penerima vaksin Covid-19, namun pada akhirnya setelah menjalani vaksin. Ternyata semua berjalan dengan baik dan tidak ada efek sampingnya.
Ia berharap, kedepan semua pedagang dan masyarakat di Temanggung bisa mendapatkan vaksin Covid-19 ini, sehingga kondisi Temanggung semakin membaik.”Kalau bisa sesegera mungkin semua masyarakat divaksin biar bisa seperti dulu lagi,”harapnya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Situs Liyangan di Temanggung Ditetapkan jadi Rumah Peradaban