Mas Bram Soroti Terkikisnya Semangat Nasionalisme

SOSIALISASI.Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Kuwurejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo menyoroti semakin terkikisnya semangat nasionalisme dan kebangsaan. “Hal ini tampak pada semakin mudahnya masyarakat dipecah belah (polarisasi), belum dewasa dalam kehidupan politik, rendahnya sikap toleransi, lunturnya semangat gotong royong, individu yang semakin egois, ketidakpatuhan terhadap hukum dan lain sebagainya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Mas Bram, panggilan legislator kelahiran Purworejo, Jawa Tengah itu.
Dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Kuwurejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Minggu (14/3), anggota DPR RI dari Dapil Jateng 6 (Kota Magelang, Magelang, Purworejo, Wonosobo, Temanggung) juga memaparkan mengenai pentingnya terus menanamkan semangat dan nilai-nilai 4 Pilar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) dalam kehidupan bermasyarakat, terutama kepada generasi muda. “Tanpa mengenal nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, rasa kebangsaan dan nasionalisme akan luntur. Jangan sampai generasi muda Indonesia tidak mengenal dasar negara, lambang negara, falsafah dan budaya bangsa sendiri,” ungkapnya.
Di hadapan warga Purworejo dan sekitarnya yang mengikuti kegiatan tersebut dengan protokol kesehatan, Mas Bram mengajak masyarakat bisa bersama-sama turut menyampaikan apa yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini kepada lingkungan sekitarnya agar nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa bersama-sama diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Baca Juga
Demokrat Wonosobo Ancam Mejahijaukan Kadernya, Bila Kibarkan Bendera Versi KLB Sumut

Sebagai anggota DPR/MPR RI, Mas Bram juga memaparkan program-program Aspirasi melalui kementerian terkait yang sudah disalurkan kepada masyarakat Dapil Jawa Tengah VI selama tahun 2020. Diantaranya menyalurkan bantuan PIP (Program Indonesia Pintar), Bidikmisi (KIP Kuliah), alat pertanian (hand tractor & mesin pompa air), sarana prasarana olahraga, bimtek kepariwisataan,dan lain-lain.
Kegiatan turun ke dapil baik di masa reses maupun di luar reses, seperti sosialisasi 4 Pilar MPR merupakan bagian dari tugas konstitusional setiap anggota DPR/MPR RI. Kegiatan seperti ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat/konstituen yang telah memilihnya serta untuk menyerap aspirasi dari masyarakat/konstituen khususnya di daerah pemilihan (Dapil). Bagi seorang legislator, selain sebagai sarana bersilaturahmi dengan masyarakat/konstituen yang telah memilihnya, kegiatan sosialisasi ini sebagai sarana pembelajaran bersama, pendidikan politik kepada masyarakat di daerah pemilihan akan pentingnya 4 pilar ini untuk terus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai panduan dalam menghadapi tantangan kehidupan global saat ini. (rls/oko)

Artikel Menarik Lainnya :  Upah Relawan Covid-19 di Purworejo Tersendat Beberapa Bulan