Sejumlah Lansia di Temanggung Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19.

VAKSIN. Salah satu angota Pepabri Temanggung sedang menjalani vaksinasi di Puskesmas Darmorini Temanggung,

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Sebanyak 60 anggota Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Temanggung menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Darmorini Temanggung, Jumat (12/3).

Kasubag Tata Usaha Puskesmas Damorini Temanggung Ragil Kuning mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk lansia dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini ada 60 anggota Pepabri yang sudah menjalani vaksinasi.

“Anggota Pepabri ini menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan baru termin pertama,” terangnya.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 untuk lansia akan dilaksanakan seusai dengan jadwal yang sudah ditentukan, mulai dari pensiunan, organisasi dan lapisan masyarakat lainnya.

“Senin (15/3) mendatang vaksinasi Covid-19 akan dilakukan untuk calon haji yang sudah berumur lebih dari 60 tahun, jadi memang tidak bisa langsung semua melainkan secara bertahap,” jelasnya.

Menurutnya, setiap hari petugas kesehatan dari puskesmas terus melakukan vaksinasi Covid-19, di tempat pelaksanaan dan sasaran juga berbeda-beda.

“Pelayanannya ada yang pendopo pengayoman, kantor kecamatan dan puskesmas, dengan sasaran masyarakat yang juga berbeda di setiap tempatnya,” jelasnya.

Dikatakan, pelaksanaan vaksin wajib dilaporkan setiap hari, dari sasaran yang sudah menjalani vaksinasi termin pertama dan termin kedua. Ada yang sudah satu dosis, ada juga yang sudah masuk ke dua dosis. Nantinya sasaran yang sudah menjalani vaksin akan mendapatkan sertifikat atau keterangan sudah menjalani vaksinasi.

Sementara itu salah satu anggota Pepabri Temanggung Sardjiman menuturkan, vaksin Covid-19 sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat yang sudah masuk lansia. Karena lansia juga cukup rawan tertular penyakit.

Baca Juga
Sejumlah Desa di Grabag dan Kajoran Disapu Angin Kencang, Robohkan Pohon dan Rumpun Bambu

Ia mengaku, suntikan vaksin Covid-19 yang sudah dijalaninya tidak berpengaruh atau tidak mempunyai efek samping yang berat, oleh karena itu masyarakat jangan takut untuk menjalani vaksinasi Covid-19 ini.

Artikel Menarik Lainnya :  Imbas 10 Mahasiswa Untidar Positif Covid-19, Kampung RT 10 RW V Potrobangsan, Magelang Utara Di-Lock Down

“Tidak sakit sama sekali, tidak terasa sama sekali. Sesudah vaksin juga tidak merasakan apa-apa, seperti suntik biasa jadi jangan takut untuk vaksin,” pesannya.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Khabib Mualim mengatakan, sekitar 65.000 lansia menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung. Jumlah sasaran lansia tersebut berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia akan dimulai dari para pensiunan di Pepabri dan PWRI. Karena kelompok masyarakat lansia ini datanya sudah mengelompok, di kecamatan-kecamatan sudah ada, kemudian koordinatornya juga sudah ada sehingga memudahkan mobilisasinya.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia ini akan dilakukan di 26 puskesmas,” katanya. (set)