Satreskrim Polres Purworejo Amankan Spesialis Penggasak Barang Swalayan

DIAMANKAN. Tersangka spesialis pencurian swalayan diamankan beserta barang bukti di Mapolres Purworejo, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Seorang pria yang menjadi spesialis pencurian di swalayan berjejaring diamankan Satreskrim Polres Purworejo. Sedikitnya ada 5 swalayan Indomaret di Kabupaten Purworejo yang telah digasaknya.

Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MM melalui KBO Satreskrim Polres Purworejo Iptu Khusen Martono, menerangkan bahwa tersangka berinisial S (40), warga Desa Panyingkiran Kidul Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Petualangannya sebagai pencuri ulung berakhir saat aksinya menggasak barang di Indomaret Butuh kepergok petugas swalayan pada Senin (8/3) lalu.

Penjaga swalayan yang mengetahui kejadian itu dari CCTV, langsung melaporkannya kepada supervisor PT Indomaret Purworejo.

“Saksi memergoki tersangka sedang melakukan pencurian dua kardus susu bayi senilai Rp263.500 yang dimasukkan tersangka ke dalam rompi khusus yang dikenakannya,” kata Iptu Khusen didampingi Kasubbag Humas, Iptu Madrim Suryantoro, saat Konferensi Pers di Mapolres Purworejo, Rabu (10/3).

Manajemen Indomaret pun melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Tidak disangka, setelah diperiksa diketahui bahwa tersangka sudah melakukan aksi pencurian serupa sejak Oktober tahun 2019. Sedikitnya ada 5 Indomaret di wilayah Purworejo yang pernah dijadikan sasarannya.

Masing-masing yakni Indomaret Sarwo Edi di Kelurahan Sindurjan, Indomaret Purworejo 3, Indomaret Purworejo-Yogyakarta Km 12, Indomaret Kutoarjo 3, dan Indomaret Butuh.

Akibat kejadian tersebut PT Indomaret Purworejo mengaku mengalami kerugian total senilai Rp3.603.600.

Diungkapkan, dalam tiap aksinya, tersangka dibantu rekannya yang melarikan diri menggunakan mobil. Sementara modus operandi yang dipakainya saat mencuri yakni dengan mengenakan jaket rompi kemudian mengambil barang dan diselipkan di antara perut dengan celana.

“Sehingga barang yang diselipkan tersebut tertutp dan tidak terlihat oleh orang lain,” jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka ditahan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Ia dijerat pasal 362 KUHP dengan sangkaan telah melakukan tindak pidana pencurian.

Artikel Menarik Lainnya :  Dianggap Janggal, Proyek Jalan Desa Bragolan Diadukan ke Polisi

“Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” tegasnya. (top)