Penjualan Cabai di Temanggung Tak Sepedas Harganya

LAYANI. Yati salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung sedang melayani pembeli.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Mahalnya harga cabai dalam beberapa pekan terkahir ini, membuat daya beli masyarakat terhadap cabai semakin menurun. Kondisi ini membuat omset penjualan pedagang cabai menurutn.

Yati (52) salah satu pedagang sayuran di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung menuturkan, sejak harga cabai terus merangkak naik dalam kurun waktu beberapa bulan terkahir ini, tingkat penjualan cabai semakin hari semakin menurun.

“Harganya mahal, daya beli masyarakat terhadap cabai menjadi menurun,” tuturnya, Minggu (7/3).

Ia mencontohkan, sebelum harga cabai mengalami kenaikan, dalam sehari paling tidak bisa menjual cabai dari berbagai jenis cabai sebanyak 20 kilogram. Namun sekarang paling banyak hanya bisa menjual 5 sampai 10 kilogram cabai saja.

“Penurunan omset penjualan bisa lebih dari 60 persen. Kadang-kadang dalam sehari belum tentu ada yang membeli cabai,” ungakpnya.

Disebutkan, harga jual cabai saat ini untuk jenis sret yakni Rp90.000 per kilogram. Harga ini mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp75.000-Rp80.000 per kilogram.

Sedangkan untuk harga cabai keriting merah dijual dengan harga Rp40.000 per kilogram, cabai keriting hijau Rp20.000 per kiogram. Harga kedua jenis cabai ini cenderung stabil dibandingkan dengan harga cabai jenis lainnya.

“Cabai rawit saat ini harganya Rp70.000, memang harga termahal saat ini masih harga cabai sret,” jelasnya.

Baca Juga
Peletakan Batu Pertama Pembangunan SMA 26 NU, Ganjar Berharap jadi Motor Penggerak dan Penyebar Perdamaian

Nur Hana (48) pedagang sayuran lainnya menuturkan hal yang sama, menurutnya, mahalnya harga cabai saat ini, karena pada musim kali ini, tanaman cabai banyak diserang penyakit patek dan penyakit lainnya. Sehingga pasokan cabai dari petani sangat sedikit, padahal kebutuhan cabai di masyarakat tidak pernah mengalami penurunan.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Temanggung: Perangkat Desa Adalah Pelayan Masyarakat

“Cuacanya tidak mendukung, jadi banyak tanaman cabai yang tidak bisa produksi,” ujarnya.

Selain harga cabai yang saat ini masih belum terjangkau oleh masyarakat, harga sayuran jenis lainnya juga masih bertahan tinggi, seperti harga wortel Rp10.000 per kilogram, tomat Rp6.000 per kilogram, kobis antara Rp4.000 hingga Rp6.000 per kilogram.

“Untuk harga bawang merah dan bawang putih cenderung stabil yakni berkisar antara Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram, semua harga sayuran tergantung dari kualitasnya,” tutupnya. (set)