Gelar Muscab, PKB Temanggung Bidik Generasi Muda dan Kaum Milenial

MUSCAB. PKB melaksanakan Muscab di kantor PKB, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan lebih serius melaksanakan kaderisasi kepada generasi muda. Bahkan PKB juga akan menyasar generasi milenial dan pemilih pemula.

Ketua DPC PKB Temanggung M Amin menjelaskan, pengkaderan ini akan membawa dampak baik dalam jangka panjang. Dengan pola pengkaderan yang tertata, maka partai memiliki mesin operasional yang lebih kuat.

Menurutnya, dengan pengkaderan yang matang maka akan bisa mengembalikan kejayaan PKB di masa mendatang, akar rumput PKB akan semakin kuat di semua lini.

“Minimal kita targetkan tambah satu kursi tiap tingkat. Kita kembalikan kejayaan PKB Temanggung sampai 9 kursi. Kalau itu optimal tidak menutup kemungkinan kita bawa kader terbaik partai sampai tingkat presiden,” jelas Amin usai Muscab PKB di aula Kantor DPC PKB Temanggung, akhir pekan lalu.

Amin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Temanggung ini mengorientasikan gerakan politiknya menyasar pemilih pemula dan generasi millenial. Menurutnya, partai ini akan semakin besar dan kuat jika sistem kaderisasi di dalamnya berjalan, termasuk pelibatan aktif generasi millenial.

“PKB di Temanggung mengalami peningkatan. Di DPRD Kabupaten kita tambah satu kursi, di DPRD Provinsi satu dan DPR RI juga satu. Ini adalah prestasi besar. Selanjutnya, kami akan memperkuat pengkaderan sejak dini dari pemilih pemula,” katanya.

Amin menuturkan, besar atau tidaknya partai tergantung di tingkat DPC. Semakin tingkat ini solid maka jajaran di atasnya akan lebih mudah mengkoordinasikan. Di DPC sendiri digantungkan pada kesolidan tiap anak cabang dan ranting.

“Ini sebuah rangkaian saling terkait. Tugas pokoknya adalah menjaga rangkaian itu kuat dan semakin kuat. Di Temanggung ini kita akan menitik beratkan penguatannya di sisi kader millenial,” papar alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Artikel Menarik Lainnya :  Vaksinasi 950 Pedagang Tembakau Dilakukan Sebelum Panen Raya Temanggung

Sebagai partai yang lahir di rahim NU, kebesaran PKB juga akan diarahkan pada kejayaan NU baik secara struktural maupun kultural. PKB harus mampu membawa nilai lebih bagi NU.

Baca Juga
80 Personel Satgas TMMD Kodim 0707 Wonosobo Divaksin Covid-19

“Ujung dari besarnya PKB adalah NU jaya. NU memiliki ruang aspirasi politik dan PKB menyediakan ruang itu. Hasilnya, nilai manfaat PKB ke NU juga harus semakin besar seiring dengan kebesarannya. NU kan bapak kita ya, jadi kita harus membanggakan sekaligus turut meningkatkan nilai bapak kita itu,” terang Amin.

Sebagaimana diketahui, PKB Temanggung saat ini memiliki tujuh kursi di DPRD Temanggung yang merupakan pemenang kedua. Pada tingkat provinsi, DPRD Jateng memiliki dua kader PKB dan di tingkat pusat juga memiliki dua kader.

Perolehan ini meningkat masing-masing satu kursi dari periode sebelumnya. Muscab DPC PKB mengamanahkan untuk mempertahankan dan menaikkan perolehan suara. Muscab sendiri digelar dengan protokol Covid-19 yang ketat.

Muhammad Amin terpilih menjadi Ketua DPC PKB dalam muscab partai yang digelar di Kantor DPC PKB Temanggung, Sabtu (6/3). Selain Amin, KH Usman Ridlo terpilih menjadi Ketua Dewan Syuro. Muscab sendiri digelar untuk me-refresh kepengurusan dari Ketua DPC sebelumnya, Mattoha.

Hadir dalam Muscab tersebut perwakilan dari DPP PKB, DPW PKB Jawa Tengah, Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Temanggung serta para kyai dan struktur partai. (set)