BRI Hibahkan 4 Unit Alat Bantu Pernafasan Pasien Covid-19

HIBAH. Serah terima alat bantu pernafasan pasien Covid-19, HFNC, dari Pemimpin Cabang BRI Magelang Muh Choirul Anam kepada Direktur Utama RSJS dr Eniarti MSc SpKJ MMR, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG UTARA – Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Soerojo (RSJS) Magelang mendapatkan hibah 4 unit alat bantu pernafasan pasien Covid-19, High Flow Nasal Cannula (HFNC), dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Serah terima bantuan dilakukan oleh Pemimpin Cabang BRI Magelang Muh Choirul Anam kepada Direktur Utama RSJS dr Eniarti MSc SpKJ MMR di rumah sakit setempat, Jumat (5/3).

Seperti diketahui, RSJS telah diberikan amanat oleh Gubernur Ganjar Pranowo, sebagai lini kedua rujukan pasien Covid-19 di Jawa Tengah. RSJS juga diberikan tanggungjawab amanah oleh Kementerian Kesehatan RI, sebanyak 30 persen dari total tempat tidur yang ada harus disediakan untuk pelayanan Covid-19.

“Ya, 30 persen dari 400 tempat tidur, atau 120 tempat tidur kami konversikan menjadi tempat tidur pelayanan Covid-19,” kata dr Eniarti.
Menurut dr Erniati, pelayanan Covid-19 di RSJS sudah dibuka sejak Maret 2020 sampai dengan sekarang. RSJS tidak hanya melayani pasien dari eks Karesidenan Kedu saja, tapi juga menjadi rujukan pasien Covid-19 dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Saat terjadi peningkatan angka kasus Covid-19 di Indonesia termasuk juga di Jateng, dari 120 tempat tidur, digunakan rata-rata 80-90 persen. Dan yang dirawat saat itu terbanyak adalah covid dengan komorbid yang secara otomatis gejalanya lebih berat dibandingkan dengan yang bukan komorbid.

Baca Juga
Kreatif, Ubah Karangwatu jadi Dusun Mural Wayang

“Jumlah kematian yang ada di RSJS ada 8 persen dari total pasien yang kita rawat. Dan 85 persennya adalah komorbid dengan status berat dan kritis,” jelas dr Erniati.

Maka dari itu, pihaknya betul-betul membutuhakan alat bantu pernafasan HFNC ini. Karena dengan niat awal yang ikhlas untuk membantu sesama, dalam hal ini pasien covid, BRI memberikan sebuah solusi dengan menghibahkan 4 unit HFNC.

“Saat itu memang sulit sekali mendapatkan alat itu, tapi alhamdulillah BRI memberikan solusi,” katanya.

Sebelum mendapatkan hibah ini, RSJS sudah memiliki 20 unit alat bantu pernafasan HFNC. Sehingga saat ini RSJS memiliki total 24 unit HFNC.

Dr Erniati menambahkan, selain menyediakan 120 tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19, RSJS juga mempunyai 36 tempat tidur untuk ICU dan selebihnya menjadi ruang isolasi.

Sementara Pemimpin Cabang BRI Magelang Muh Choirul Anam berharap, bantuan senilai Rp250.000.000 ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat dalam kondisi pandemi ini.

“Kami sangat senang bisa membantu. Harapan kami tidak hanya kali ini saja, tapi kami juga ingin terus membantu RSJS dalam bentuk lain,” harapnya. (adv/imr)