Mensos Resmikan SKA Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung

MENINJAU. Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau hasil karya penyandang disabilitas di Balai Besar Disabilitas Kartini,

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyatakan akan membuat Sentra Kreasi Atensi (SKA) di seluruh Balai Besar Disabilitas yang ada di Indonesia, sehingga seluruh penerima manfaat yang ada di balai bisa mendapatkan manfaatnya.

“Jadi tidak hanya di Temanggung saja, rencannya di seluruh balai besar di Indonesia akan kami bangun semacam ini (SKA),” kata mantan Wali Kota Surabaya, saat berkunjung ke Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung, Jumat (5/3).

Menurut Risma, di Indonesia ada 41 Balai Besar Disabilitas, namun hingga saat ini memang baru dua yang sudah mulai dibangun SKA. Pertama di Balai Pangudi Luhur di Bekasi dan yang kedua di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung.

“Kalau di Temanggung ini karena kepalanya sangat aktif, dan sudah mulai sejak lama, jadi tinggal menjalankan sesuai dengan program,” terangnya.

Dikatakan, pembukaan SKA ini memang sengaja dipercepat, agar para penerima manfaat disabilitas bisa secepat mungkin merasakan dampaknya.

“Memang tidak ditunda karena yakin dengan segera dibuka saudara disabilitas bisa segera mendapatkan manfaatnya,” harapnya.

Selain di dua kabupaten tersebut, pihaknya juga sudah membuka di Mojokerto. Di daerah tersebut ada lima anak mantan pengguna narkoba. Setelah sembuh, kelima mantan pengguna narkoba ini meminta untuk dibukakan kafe.

Baca Juga
Bupati AL Khadziq Meminta KEK Terus Kreatif

“Selama ini kafe yang mereka kelola selalu ramai. Ada dua anak lainnya yang juga merupakan mantan pengguna narkoba, mereka membuka sepatu, dalam satu minggu sudah memperkerjakan 3 orang temannya,” jelasnya.

Selain langkah tersebut lanjutnya, pihaknya juga memaksa balai, terutama di Solo untuk membuat 300 kursi roda elektrik, 100 kursi roda untuk disabilitas pengguna kursi roda, 100 untuk serebal palsi dan 100 lainnya untuk hedrosepalus.

Artikel Menarik Lainnya :  Tenang, Dana Haji yang Sudah Disetor Aman

“Di Makasar juga demikian, mereka membuat 100 kursi roda elektrik, sedangkan untuk balai di Cibinong membuat sepedamotor roda tiga,” katanya.

Risma berharap dengan adanya sepeda motor roda tiga, disabilitas menggunakan kursi roda bisa mendapatkan aksesbilitas yang lebih baik karena menggunakan kendaraan yang digunakan bisa bekerja.

“Selain itu juga akan membuka di Solo untuk balai seperti ini,” katanya. (set)