62 Anak di LPKA Kutoarjo Jalani Ujian PTS

UJIAN. Sejumlah anak binaan di LPKA Kutoarjo menjalani Ujian Semester Genap jenjang paket A, B, dan C, di LPKA setempat,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Sebanyak 62 anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kutoarjo Kabupaten Purworejo menjalani Ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) semester genap tahun ajaran 2020/2021. Mereka mengikuti PTS untuk jenjang paket A atau setara SD, paket B atau setara SMP, dan paket C atau setara SMA melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Mekar.

Pengurus PKBM Tunas Mekar, Umilatsih SPd, menyebut 62 siswa yang mengikuti ujian PTS tersebut terdiri atas paket A sebanyak 8 siswa, paket B sebanyak 31 siswa, dan paket C diikuti 23 siswa.

“Untuk paket B terdiri dari 10 siswa paket BI, 16 siswa paket B2, dan 5 siswa paket B3. Sedangkan paket C terdiri dari 12 siswa C1, 6 siswa C2 dan 5 siswa C3,” sebutnya, Kamis (4/3).

Baca juga
Parade Budaya Hari Jadi ke-190 Purworejo Disambut Antusias Warga

Dijelaskan, PKBM Tunas Mekar sebagai lembaga pendidikan nonformal memiliki tolak ukur penilaian (Evaluasi) sebagaimana dalam proses belajar mengajar pendidikan formal. Ujian PTS merupakan salah satu faktor penentu nilai dalam rapor. Dijadwalkan, ujian PTS dilaksanakan selama 6 hari,  Senin (1/3) hingga Sabtu (6/3).

“Penilaian bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan level pengetahuan (kognitif), level sikap, dan level psikomotorik,” jelasnya.

Kepala Sub Seksi Pendidikan dan Latihan Keterampilan pada LPKA Kelas I Kutoarjo, Suprayitno, mengungkapkan bahwa saat ini jumlah penghuni di LPKA Kelas I Kutoarjo ada 65 Anak.

“LPKA Kelas I Kutoarjo merupakan satu-satunya Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah yang bertugas untuk menampung dan membina Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) dari total 35 Kabupaten/Kota di propinsi Jawa Tengah,” ungkapnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Keren! Masyarakat Purworejo Bisa Laporkan Jalan Rusak Via Online