Lebih Profesional dan Persuasif Sesuai Kebudayaan Setempat

UPACARA. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) beserta jajarannya melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-71 Satpol PP dan HUT ke-59 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di halaman kantor Satpol PP, 

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Satpol PP dan Satlinmas Wonosobo Peringati HUT ke-71 dan HUT Satlinmas ke-59 di halaman kantor setempat kemarin. Satpol PP diharapkan semakin profesional, kompeten, dan berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan lagi sikap dan tindakan yang bersifat edukatif, persuasif, dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat.

“Satpol PP dan satlinmas harus makin profesional dan mengedepankan persuasif sesuai kebudayaan masyarakat setempat, selain itu juga harus ikut mengawal program Bupati dan wakil Bupati yang baru,” ungkap Kepala Satpol PP, Haryono, kemarin.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) beserta jajarannya melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-71 Satpol PP dan HUT ke-59 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di halaman kantor Satpol PP, Rabu (3/3).

Acara ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Wonosobo, Drs. M. Aziz Wijaya, M.Si. Peringatan HUT Satpol PP ini juga disertai penyerahan piagam penghargaan dari Bupati Wonosobo kepada Sekretaris Satpol PP, Budi Pranoto, S.Sos atas prestasinya sebagai Top 20 dalam Lomba Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Wonosobo Tahun 2021.

Mengutip sambutan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kepala Satpol PP, Haryono, menyampaikan apresiasi atas kinerja Satpol PP dan Satlinmas yang dinilai baik sehingga saat ini situasi dinilai kondusif.

Baca Juga
20 Jenis Inovasi Pelayanan Publik di Wonosobo Mulai Dinilai

Jajaran Satpol PP dan Satlinmas senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya melalui pembenahan dalam berbagai aspek. Sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Satpol PP dan Satlinmas dapat dilakukan secara lebih profesional, kompeten, dan berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan lagi sikap dan tindakan yang bersifat edukatif, persuasif, dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat.

Artikel Menarik Lainnya :  15 Titik Paling Rawan Longsor di Wonosobo Bakal Dipasang EWS

Sesuai dengan tema  “Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Mendukung Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Untuk Indonesia Maju dan Sehat”. seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk semakin meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia maju dan sehat.

Ada lima hal untuk menjadi perhatian seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas. Pertama, meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian, serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Kedua, meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat sebagai urusan pemerintahan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.

Ketiga, memperkuat koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu, dan saling menghormati.

Keempat, memperkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja. Terakhir, meningkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerja sama dengan unsur Polri dan TNI dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya minta semua personil  untuk menaati dan melaksanakan amanat Bupati Wonosobo yang telah dipaparkan dalam Rapat Pemerintahan Umum yang diselenggarakan Senin(1/3) lalu. Diantaranya adalah terkait perbaikan pelayanan publik, perbaikan kebijakan publik, dan perbaikan tata kelola birokrasi. semua agar mengawal dan mensukseskan program kerja Bupati tersebut,” pungkasnya (gus)