Peran Strategis GP Ansor Adalah Melayani Ummat

SAMBUT. KHR Mahfudz Chamid yang akrab dipanggil Gus Mahfud, Ketua PP Rijalul Ansor saat memberikan sambutan pembukaan Rakercab PC GP Ansor Purworejo. 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Gerakan Pemuda Ansor sebagai sebuah organisasi kepemudaan dengan anggota ribuan kader muda NU yang berusia produktif memiliki peran penting dan strategis sebagai pelayan ummat.
Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Pusat Rijaalul Ansor KHR Mahfudz Chamid saat membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Cabang PC GP Ansor Kabupaten Purworejo di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Kalimiru, Bayan, kemarin.

“Ansor harus bisa menjaga perannya sebagai khodimul ummah atau pelayan masyarakat. Organisasi kalau sudah mempunyai kekuatan besar biasanya jadi lupa. Seperti orang yang sudah punya jabatan kalau tidak bisa menata hatinya bisa jadi jumawa. Saya berharap Ansor tidak seperti itu. Meski semakin besar Ansor harus jadi khodimul ummah atau pelayan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, yang membuat Ansor Banser besar justeru karena perannya dalam menjadi pelayan masyarakat. “Ansor Banser jangan sampai melupakan satu hal penting ini. Bahaya kalau Ansor Banser tidak mampu lagi menjadi Khodimul Ummah“

Selain itu beliau juga berpesan bahwa kader Ansor harus bisa saling bersinergi dengan baik. Sinergitas antar kader menunjukkan kedewasaan dan keterampilan berorganisasi sehingga organisasi ini betul-betul kokoh.

“Harus kita benar-benar dikuatkan jam’iyyahnya. Harus bisa saling memahami. Kalau hanya bersatu belum cukup, tapi harus bersinergi. Bersinergi itu artinya berdesak-desakan secara fisik juga bersatu secara mental. Kalau sudah bersinergi, gerakan Ansor akan luar biasa,” terangnya.

Baca juga
Pasokan Anjlok, Harga Cabai di Purworejo Meroket

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Purworejo, Ky Habib Anwar mengungkapkan rapat kerja cabang tahun 2021 mengambil tema kuat dalam persahabatan, istiqomah dalam pengabdian.
Menurutnya, tema ini dipilih untuk menegaskan kembali komitmen khidmah secara kolektif di PC GP AnsorPurworejo.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Covid-19 di Purworejo Naik, Masih Ada Pelangggaran Prokes

“Alhamdulillah selama satu tahun ini sahabat-sahabat GP Ansor di Purworejo sudah melakukan gerakan yang luar biasa, baik yang bersifat formal maupun kultural. Diambilnya tema ini memiliki harapan bahwa kedepan kader-kader Ansor makin kokoh kekeluargaannya juga pengabdiannya pada organisasi,” terang Khabib Anwar.

Sementara itu, sekretaris PC GP Ansor sahabat Tashilul Manasik menyampaikan harapannya bahwa kader-kader Ansor bisa terus saling menyemangati satu sama lain untuk terus berkhidmah dan berkiprah melalui Gerakan Pemuda Ansor.

“Di Ansor tidak hanya berorganisasi, tapi sebagaimana panggilan kita, kita semua harus semakin kuat dalam menjalin persahabatan. Saling menyamangati dalam berjuang. Sukur-sukur bisa mengajak teman, keluarga, saudara dan para tetangga untuk berkhidmah di GP Ansor,” terangnya. (luk)