Dewan Minta Walikota Aziz Memenuhi Janji Politiknya

PARIPURNA. Walikota dr Aziz menghadiri rapat paripurna DPRD Kota Magelang untuk pertama kalinya, sejak ia dilantik.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menilai bahwa lembaga legislatif, DPRD merupakan mitra kerja pemerintah daerah atau eksekutif. Menurut Aziz, legislatif menjadi bagian tidak terpisahkan dari pemerintahan daerah atau penyelenggaraan pemerintahan.

”Sebagai mitra atau partner, sehingga semangat yang harus dibangun adalah semangat partnership. Tidak menempatkan unsur legislatif pada kedudukan yang lebih tinggi dari pada eksekutif maupun sebaliknya,” kata Aziz, saat mengikuti sidang paripurna DPRD Kota Magelang, Senin (1/3) lalu.

Aziz menjelaskan, legislatif harus memandang eksekutif sebagai mitra bukan pihak yang harus dihindari. Apalagi harus bertolak belakang hanya karena adanya kepentingan tertentu. Sebab DPRD juga unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Sebagai cerminan wakil rakyat lanjut Aziz, setiap anggota DPRD pro aktif dan mampu mencermati serta menyerap berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat. Terutama ikut menuntaskan berbagai permasalahan yang terjadi dan dialami masyarakat.

Baca Juga
Habib Fatta Bersyukur Perpres Investasi Miras Dicabut

”Kolaborasi eksekutif dan legislatif harus berlandaskan trust, equality, komitmen, dan tujuan yang sama. Insya Allah mengantar kita menuju Kota Magelang yang sehat, maju, dan bahagia,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Magelang, Dian Mega Aryani berharap, kepemimpinan Walikota dr Aziz dan Wakil Walikota KH M Mansyur, mampu memenuhi janji-janji politik pada saat kampanye. Dengan begitu, masyarakat tidak akan kecewa.

”Masyarakat telah mengharapkan perubahan. Semoga dokter Aziz bisa membawa Kota Magelang lebih maju,” ujarnya.

Senada juga diutarakan Anggota Komisi B DPRD Kota Magelang, yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat, Marjinugroho. Menurutnya, seluruh anggota DPRD Kota Magelang senantiasa meningkatkan integritas kinerja bersama Pemkot Magelang. Termasuk menyukseskan berbagai program kemasyarakatan.

”Kami tetap bekerja dengan integritas yang tinggi sesuai fungsi lembaga demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,” tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Tak Kapok, Residivis di Magelang Kembali Rampas HP dan Uang

Anggota DPRD dari Partai Hanura, HIR Jatmiko menambahkan, Indonesia menganut konsep trias politica yaitu lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Tanpa satu dari ketiga lembaga itu, kekokohan bangunan Indonesia tidak akan sempurna.

”Oleh karena itu, pihak eksekutif, legislatif, dan yudikatif ini tidak akan pernah terpisahkan. Perlu diketahui juga bahwa DPRD menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan secara optimal,” katanya. (wid)