200 Babinsa di Temanggung Jalani Vaksinasi Covid-19

VAKSINASI. Salah seorang anggota Babinsa sedang menjalani vaksinasi Covid-19 di Aula Gedung Sarwo Guno,

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Sebanyak 200 anggota TNI yang bertugas di Kodim 0706/Temanggung, menjalani vaksinasi Covid-19 di Gedung Sarwo Guno, Selasa (2/3).

Dandim 0706 Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto mengatakan, 200 anggota ini sebagian besar adalah Babinsa, yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kami utamakan Babinsa dulu, karena memang tugasnya selalu dilapangan dan bisa dipastikan setiap hari bertemu dengan masyarakat,”kata Dandim disela pelaksanaan vaksinasi di Aula Sarwo Guno,Selasa (2/3).

Dandim menyebutkan, jumlah keseluruhan anggota TNI yang betugas di Kodim 0706 Temanggung yakni sebanyak 380 personil, 24 lainnya adalah PNS.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi pertama memang dilakukan kepada Babinsa, dan kemudian di tahap selanjutnya baru anggota lainnya, termasuk PNS yang selama ini mendampingi TNI dalam menjalankan tugas.

“Jangan sampai Babinsa tertular atau Babinsa menularkan Covid-19 ke masyarakat. Atas dasar alasan tersebut maka Babinsa mendapatkan kehormatan untuk menjalani vaksinasi diawal,”terangnya.

Dandim mengatakan, pelaksanaan vaksin untuk 200 anggota babinsa akan dilakukan dalam dua hari, untuk hari ini (kemarin, Red) 100 personil dan hari ini, Rabu (3/3), 100 anggota lainnya yang belum menjalani vaksinasi.

Baca Juga
Dennty, Anggota DPD RI Bantu Pasarkan Kopi Temanggung

“Dibagi dua termin, agar pelaksanaan vaksinasi tetap menjalankan protokol kesehatan, tidak berkerumun,”katanya.

Seperti pelaksanaan vaksin Covid-19 pada umumnya, anggota Babinsa Kodim 0706/Temanggung juga harus menjalani proses screening terlebih dahulu, untuk mengetahui lolos atau tidaknya mendapat suntikan vaksinasi.

“Bagi anggota yang kondisi kesehatannya tidak memenuhi syarat tetap akan ditunda,”jelasnya.

Untuk tugas pelaksanaan vaksinasi sendiri dilakukan oleh tenaga medis dari Klinik Pratama Kodim, dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

“Vaksinasi untuk Covid-19 untuk anggota TNI dilingkungan Kodim 0706/Temanggung adalah wajib karena merupakan  perintah langsung Mabes TNI,”tegas Dandim.(set)