Olahraga Bola Tangan Mulai Diminati Publik

DIKLAT. Peserta diklat melakukan pemanasan sebelum dilaksanakan praktek bola tangan di GOR Sarwo Edi Wibowo. 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Cabang olahraga bola tangan mulai dikenal dan menarik minat publik untuk mengenal olahraga yang relatif baru di Purworejo tersebut lebih dalam. Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Penjasorkes se Kecamatan Purworejo.

Puluhan guru olahraga yang tergabung dalam wadah tersebut secara khusus mengundang Pengurus Cabang (Pengcab) Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kabupaten Purworejo untuk memaparkan lebih detail apa itu olahraga bola tangan baik secara teori maupun praktek.

Margono MPd selaku penanggung jawab kegiatan mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar selama dua hari. Untuk kegiatan teoritis dilaksanakan di SDN Cangkreplor 2 Purworejo. Sedangkan untuk prakteknya dilaksanakan di GOR Sarwo Edi Wibowo.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya dengan diikuti oleh 50 an guru Penjasorkes SD se Kecamatan Purworejo,” terangnya, kemarin.

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan diklat tersebut merupakan sarana peningkatan kualitas guru-guru Penjasorkes di wilayah Kecamatan Purworejo. Beberapa materi yang disampaikan dalam diklat antara lain pengenalan bola tangan mulai dari sejarah, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, teknik dasar bermain bola tangan, program dan metode latihan (untuk anak SD), peraturan pertandingan, dan perwasitan, serta simulasi pertandingan.

Baca Juga
Disambut Banyak Tantangan, Bupati Harus Rangkul Semua Elemen

“Seluruh peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan semangat ketika ketika pelaksanaan diklat dan semangat dalam simulasi pertandingan,” katanya.

Di akhir kegiatan Diklat Riyadi Ahmad, M.Pd. selaku pengawas guru SD di wilayah Kecamatan Purworejo menambahkan setelah melihat antusias para peserta dan menariknya permainan bola tangan beliau berharap dalam waktu dekat ABTI Kabupaten Purworejo berkenan bekerjasama lagi untuk pelaksanaan Diklat selanjutnya yaitu fokus pada perwasitan.

Artikel Menarik Lainnya :  Bertambah, 4 Orang Meninggal Akibat Covid-19 di Purworejo

Sementara itu Akhmad Mujahidin Tsani, SPd Jas selaku Ketua Umum ABTI Kabupaten Purworejo menyambut baik inisiasi tersebut karena dengan adanya diklat bola tangan semacam ini akan bisa mempercepat perkembangan bola tangan di Kabupaten Purworejo dan bahkan bisa dimulai dari usia dini seperti ini.

“Apabila ada peserta yang masih muda dan berkomitmen ingin menambah ilmu tentang bola tangan, ABTI siap mendelegasikan ketika ada pelatihan pelatih atau wasit di tingkat provinsi,” katanya. (luk)