Pengurus PWI Temanggung Dilantik, Bupati M Al Khadziq Berharap PWI Berkontribusi Mendidik Masyarakat

DILANTIK. Perwakilan pengurus PWI Temanggung dilantik di Aula Kantor Bapeda Temanggung, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Bupati Temanggung M Al Khadziq berharap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Temanggung berkontribusi juga untuk mendidik masyarakat dalam menggunakan media sosial (medsos). Sehingga informasi yang disampaikan masyarakat melalui medsos itu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hal tersebut disampaikannya saat acara Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Temanggung Periode 2021-2024 di Aula Kantor Bappeda Temanggung, Rabu (24/2).

Bupati menyatakan, Pemkab Temanggung juga terbuka memberikan ruang bagi wartawan untuk menulis, mengkritik, mengoreksi pemerintahan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Menurutnya, dengan adanya kebebasan pers ini harus dimaksimalkan oleh para jurnalis agar bisa meliput dan menulis informasi tanpa bayang-bayang rasa takut.

“Dalam penulisan berita ada kode etik jurnalistik, saya yakni wartawan sudah memahaminya,”kata Bupati.

Kedepan tantangan media massa akan semakin kompleks baik dalam bidang industri komersil maupun dalam bidang pemberitaan. Oleh karena itu wartawan memang dituntut untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo menambahkan, sebagai awak media massa, jurnalis juga harus berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi yang benar dan tidak menyesatkan masyarakat. Pers juga harus bisa menyampaikan fakta informasi secara objektif dan selektif agar kondusifitas masyarakat tetap terjaga.

“Yang tidak kalah penting sebagai kontrol sosial agar pemerintah daerah bisa memberikan hal-hal yang nantinya bisa menyejahterakan masyarakatnya,”katanya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jateng, Isdiyanto Isman menyampaikan, dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, ia berharap rekan-rekan PWI Temanggung bisa melaksanakan amanah organisasi dengan baik.

Menurutnya, tantangan PWI beserta gerbong anggotanya ke depan akan semakin besar. Sehingga diperlukan sinergitas dan kolaborasi yang kuat antar anggota PWI, pemerintah setempat dan juga semua mitra jurnalis.

“PWI Jateng dari kepengurusan kemarin hingga kepengurusan sekarang masih mengusung visi untuk meningkatkan profesionalitas dan kemartabatan wartawan. Ini penting untuk dunia jurnalistik agar kemampuan jurnalistik semakin mapan. Tentunya dengan mematuhi kode etik jurnalistik,” terangnya.

Ketua PWI Temanggung, Heru Suyitno mengatakan, seiring perjalanan waktu, Pemkab Temanggung telah memperkuat sinergitas dengan PWI. Hal itu dibuktikan dengan adanya kebijakan baru tentang penandatanganan pakta integritas masing-masing OPD untuk menyampaikan pemberitaan minimal sekali dalam sebulan.

“Ke depan, PWI Temanggung akan terus berkarya dan bersinergi dengan pemerintahan dan semua mitra untuk menjalin kerja produktif. Terimakasih kami ucapkan kepada Pemkab Temanggung yang telah memfasilitasi kegiatan kami,” ujarnya.

Sementara itu Pengurus PWI Temanggung yang dilantik sebanyak 13 orang dengan susunan kepengurusan, Ketua Heru Suyitno (ketua), Eko Firman Handy (wakil ketua),Zaini Arosyid (bendahara), dan Setyo Wuwuh (sekretaris).(set)