Babinsa Turut Sosialisasikan Prokes hingga Pasar

PROKES. Sosialisasi dan penegakan prokes di Pasar Kertek hingga pasar pagi sepekan terakhir.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Upaya pencegahan penyebaran covid-19 dilakukan di banyak titik pusat keramaian wilayah kecamatan. Salah satunya dilaksanakan Babinsa Koramil 06/Kertek dengan agenda Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan (PDMPK) di Pasar Kertek, Rabu (24/2).

Diungkapkan Babinsa Koramil 06/Kertek, Serda Kuswo, PDMPK dilakukan di pasar tradisional yang relatif ramai, agar para penjual dan pembeli mentaati peraturan pemerintah untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Penekanan tersebut meliputi memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Sementara itu, di wilayah Kota atau Kecamatan Wonosobo, Pendisiplinan Prokes di Pasar Pagi dipimpin Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Sugeng Haryanto.

“Yakni agar dalam satu Minggu ini untuk melaksanakan operasi penertiban protokol kesehatan secara terus menerus. Ini dilakukan secara serentak, dengan melakukan pendisiplinan protokol kesehatan di pasar pagi kota Wonosobo,” ungkapnya kemarin (22/2).

Para pedagang maupun pengunjung pasar pagi yang mayoritas menjajakan sayur itu dinilai penting mengingat interaksi cukup ramai dan pasar pagi selalu menjadi tujuan utama para pembeli dari berbagai wilayah.

Baca Juga
Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dimulai, Termin Pertama 10.000 Dosis

Sedangkan di Kalikajar, Satgas Covid-19 Kecamatan menggelar Patroli Malam untuk operasi Yustisi Protokol Kesehatan untuk menekan dan meminimalisir penyebaran pandemi semaksimal mungkin sejak Minggu malam (21/2/2021)

Pada agenda itu, Anggota Koramil 07/Kalikajar Kodim 0707/Wonosobo bersama anggota Polsek dan perwakilan Kecamatan melaksanakan patroli malam dan sosialisasi Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan. Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19 sesuai dengan surat edaran Bupati dan juga penerapan PPKM Mikro.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi kerumunan, biasanya pada malam minggu banyak anak muda yang berkumpul, nongkrong keramaian. Dengan adanya patroli ini diharapkan sedikit banyak bisa memberikan pengarahan kepada mereka agar mengurangi kegiatan diluar rumah khususnya malam hari, sebab pemberlakuan jam malam masih berlaku di Wonosobo,” tutur Danramil 07/Kalikajar Kapten Inf Panut.

Artikel Menarik Lainnya :  KNKT Investigasi di Jalur Tengkorak Kertek, Tawarkan 2 Konsep

Dalam kegiatan itu, masih ditemukan beberapa warga yang masih lalai tidak menggunakan masker saat keluar rumah dan melewati jam malam yang sudah diberi batasan waktu . Warga masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan terutama pakai masker dan jaga jarak untuk mencegah dan mengurangi jam malam di luar rumah guna memutus mata rantai penularan covid. (win)