Perlahan Kedigdayaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Mulai Mudar

Perlahan Kedigdayaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Mulai Mudar

MAGELANGEKSPRES.COM,TURIN – Dalam satu dekade lebih dunia sepak bola diwarnai kerasnya persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Mereka saling bergantian menjadi yang terbaik di dunia.

Tahun ini sinar keduanya perlahan memudar. Usia menjadi faktor utama. Messi kini sudah berusia 33 tahun, sementara Ronaldo memasuki umur 36 tahun. Sudah tidak muda lagi untuk ukuran pesepak bola.

Mengikuti jejak Messi. Malam tadi Ronaldo juga gagal menang di laga Liga Champions. Juventus kalah 1-2 dari tuan rumah Porto. CR 7 kehilangan sentuhannya. Dirinya tidak bisa menjadi pembeda.

Sebelumnya Messi juga dibuat seperti demam panggung. Ketika Barcelona kalah 1-4 dari Paris Saint Germain. Bintang Argentina itu hanya bisa mencetak gol melalui titik putih.

Sebuah pertanda jika nantinya mereka tersingkir di babak 16 besar. Era Messi-Ronaldo perlahan berakhir. Terakhir kali, klub yang dibela mereka absen di perempatfinal Liga Champions terjadi pada musim [2004/2005](tel:20042005).

Bukan hanya di Liga Champions. Pada kompetisi domestik keduanya juga tidak bisa menaikkan performa klub. Sulit untuk keduanya menjadi juara di liganya masing-masing.

Barcelona kini tertahan di posisi ketiga. Selisih sembilan poin dari Atletico di puncak klasemen. Juventus posisinya juga sama. Mereka tertinggal delapan poin dari Internazionale, sang penguasa klasemen.

“Ada hal menarik yang kita nantikan era Messi dan Ronaldo akan mencapai ujungnya. Kini akan muncul kekuatan baru di sepak bola dunia,” ujar legenda Inggris, Gary Lineker kepada BBC

Mbappe dan Haaland

Mulai memudarnya era Messi-Ronaldo, juga ditandai dengan kemunculan bintang baru. Kylian Mbappe dan Erling Haaland, disebut sebagai suksesor dari Messi dan Ronaldo. Keduanya semakin bersinar.

“Catatan keduanya sungguh fenomenal. Saya rasa Mbappe dan Haaland akan meneruskan persaingan antara Messi dan Ronaldo. Awal persaingan baru akan segera dimulai,” lanjut Lineker.

Mbappe dan Haaland menunjukan kelasnya. Mbappe berhasil mencetak hat-trick ke gawang Barcelona. Haaland tidak mau kalah, dirinya sudah mencetak 13 gol dari 18 laga di ajang Liga Champions.

Mereka berdua mulai memecahkan rekor-rekor baru. Persaingan keduanya dimulai. Akan menarik melihat masa depan Mbappe dan Haaland. Memang tidak semudah itu mengantikan Messi-Ronaldo.

Namun sejauh ini mereka sudah bisa memberikan pembuktian. Keduanya menjadi sosok pemain muda menakutkan. Perannya bagi klub masing-masing terbilang cukup vital. (vyt/fin)