Mulai Maret, DPU-PR Kota Magelang Pindah ke Kantor Baru

GREEN BUILDING. Konsep ramah lingkungan, hemat energi, dan punya ciri kas, ditunjukkan dalam bangunan baru kantor DPU-PR Kota Magelang di Jalan Jenderal Sudirman.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang akan mulai difungsikan awal Maret 2021 mendatang. Saat ini, barang-barang di Kantor DPUPR sementara, sedang dipindahkan ke gedung baru di Jalan Jenderal Sudirman, Magelang Selatan.

Kepala DPUPR Kota Magelang, Crisatrya Yonas Nusantrawan Bolla, mengatakan, gedung berkonsep green building tersebut telah diresmikan Walikota Magelang Sigit Widyonindito beberapa waktu lalu. Saat ini, sejumlah petugas masih sibuk memindahkan peralatan dari kantor sementara.

”Saat ini sedang proses pemindahan barang-barang. Kemungkinan awal Maret sudah bisa ditempati,” kata Yonas, kepada wartawan, Kamis (18/2).

Ia menjelaskan, bangunan yang mengusung konsep green building itu terdiri dari tiga lantai. Konsep bangunan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp16,7 miliar ini, diharapkan bisa menjadi pilot project (percontohan) pembangunan gedung lain yang ramah energi di Kota Magelang.

”Untuk konsep bangunan hijau ini, kami memanfaatkan tenaga matahari, yakni memakai solar cell. Selain juga kami tetap memakai daya listrik dari PLN,” jelasnya.

Nantinya, lantai 1 akan dijadikan front office dan pelayanan perizinan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK). Kemudian rekomendasi teknis izin mendirikan bangunan (IMB).

Sedangkan lantai dua, terdiri dari ruang rapat, ruang Bidang Penataan Ruang, dan ruang Dharma Wanita. Lalu, lantai 3 dijadikan ruang sekretariat, Bidang Cipta Karya, Bina Marga, dan Bidang Perairan.

”Lantai 4 atau atapnya, didesain khusus dengan bahan plat cor, nantinya bisa difungsikan untuk meeting outdoor. Selain solar cell kita gunakan, penggunaan kaca untuk menambah pencahayaan, untuk efisiensi penggunaan listrik,” paparnya.

Tidak hanya konsep ramah lingkungan dan energi, bangunan berbentuk bundar ini juga mengusung filosofi cagar budaya Water Toren di Alun-alun. Ciri khas ini, katanya, sangat cocok bila diterapkan untuk konsep bangunan ikon Kota Magelang.

Artikel Menarik Lainnya :  Dinilai Minim Sosialisasi, Anggota Dewan Kota Magelang Minta Satgas Covid-19 Gencar Edukasi Pasien Isoman

”Orang kalau lewat Jalan Jenderal Sudirman, terus melihat gedung DPU-PR, akan berpikir jika konsep gedung ini menyerupai Water Toren yang melegenda itu. Karena Water Toren juga sebagai bangunan ikonik cagar budaya, sekaligus ciri khas Kota Magelang,” pungkasnya. (wid)