Pengecoran Gorong-gorong Perhatikan Cuaca

COR. Agenda pengecoran dilakukan secara seksama untuk memastikan kekuatan gorong-gorong di jalan desa Gemblengan-Lengkong, 

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Pembangunan sarana prasarana berupa gorong-gorong jalan yang menghubungkan Desa Gemblengan menuju Desa Lengkong mulai digarap, Rabu (17/2). Pembangunan tersebut dipimpin Danramil 04/Garung Kodim 0707/Wonosobo Kapten Inf Sutarto dengan diawali penyiapan lahan.

Penyiapan dan pembangunan sarpras itu masuk dalam rangkaian persiapan pelaksanaan TMMD Reguler ke 110 di Kodim 0707/Wonosobo.

“Kegiatan pengecoran ini dilaksanakan sebelum dimulainya program TMMD. Ini sengaja dikerjakan terlebih dahulu agar memudahkan pelangsiran material dari jalan utama ke tempat pengerjaannya,” ungkapnya.

Diharapkan sebelum TMMD dimulai material sudah siap di lokasi sehingga memudahkan dan mempercepat proses pengerjaannya nanti. Dengan kondisi musim penghujan, pengerjaan pembangunan sarpras kerap terkendala. Sehingga waktu di pagi hari dimaksimalkan untuk pengerjaan.

“Ini harus dikerjakan awal mengingat cuaca di lokasi jika siang hari hujan sudah mulai turun. Itu kendala alam yang tidak bisa kita hindari. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan waktu yang ada sebelum pelaksanaan dimulai. Seperti yang sedang dikerjakan saat ini,” ungkapnya.

Dalam pengerjaan, seluruh kelengkapan mulai dari pengikatan besi  hingga komposisi adonan yang harus tepat antara pasir, split dan semen dipastikan dengan baik. Selain untuk menentukan kualitas hasil pengerjaan, juga meningkatkan masa atau usia bangunan dengan kondisi kontur dan cuaca yang ada.

“Pembangunan gorong-gorong ini sangat penting karena musuh utama dari jalan adalah irigasi yang tidak baik. Air akan masuk sehingga jalan menjadi rusak. Apalagi wilayah Gemblengan memiliki curah hujan yang cukup tinggi sehingga dalam pembuatan gorong-gorong sudah memperkirakan besaran debit air terbesar sehingga air tidak menggenang,“ pungkas Danramil Garung. (win)

Artikel Menarik Lainnya :  Wonosobo Raih Anugerah KLA 2021 Kategori Madya