Pemkab Temanggung Bakal Launching E-Office

VIRTUAL. Uji kesesuaian sistem e-office yang dilaksanakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) secara virtual.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Kepala Dinkominfo Temanggung Samsul Hadi berharap aplikasi e-office bisa segera mendapat pengesahan dari instansi yang berwenang, sehingga penandatangan surat masuk, surat keluar dan disposisi surat bisa dilakukan secara digital.

Harapan tersebut disampaikan saat uji kesesuaian sistem e-office yang dilaksanakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) secara virtual, di Ruang Aula Dinkominfo Temanggung, Selasa (16/2).

Dikatakan, setelah dilakukan uji kesesuaian sistem dari BSrE, ada beberapa masukan yang kemudian akan dilakukan penyesuaian.

“Harapan kami tidak terlalu lama BSrE bisa segera menerbitkan surat lisensinya,” harapnya.

Menurutnya, jika surat lisensi keluar, pihaknya akan menindaklanjuti dengan memberikan sosialiasi sekaligus launching program e-office ke semua instansi di lingkungan Pemkab Temanggung.

“Tentukan sosialisasi akan langsung kami laksanakan, sehingga e-office ini bisa segera dipahami dan dimengerti oleh semua instasi di Kabupaten Temanggung,” katanya.

Dikatakan, dengan adanya sistem e-office ini diharapkan bisa mempermudah proses surat menyurat di lingkungan Pemkab Temanggung dengan sistem keamanan yang terlisensi dari BSrE.

“Dengan sistem ini akan lebih aman dan cepat, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara itu Sunaryo, Kepala Bidang Statistik dan Persandian menjelaskan, e-office Temanggung merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinkominfo Temanggung yang pengembangannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dijelaskan, e-office merupakan aplikasi dengan beberapa modul, salah satunya modul persuratan yang dapat merekap surat masuk, surat keluar dan disposisi surat.

“Pengembangan aplikasi e-office tersebut berdasarkan pada surat Bupati Temanggung Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penggunaan Surat Elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten, yang mengarah pada SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elaktronik),” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Bantu PKL di Masa PPKM Darurat, Bupati Temanggung Gerakkan ASN Belanja di PKL

Adapun proses pembuatan aplikasi sudah dimulai sejak tahun 2018, dan pada tahun berikutnya sudah dilakukan ujicoba awal. Akan tetapi masih terus dilakukan penyempurnaan dan pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan sistem, maka uji kesesuaian sistem baru dapat dilakukan.

“Mudah-mudahan aplikasi e-office segera bisa digunakan untuk mempermudah proses surat menyurat dalam mendukung kegiatan pemerintahan di Kabupaten Temanggung,” katanya. (set)